Polresta Mataram Siapkan Patroli Vaksinasi Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Polresta Mataram Siapkan Patroli Vaksinasi Selama Libur Natal dan Tahun Baru

KABARINDO, MATARAM - Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengagendakan kegiatan patroli vaksinasi skala besar yang melibatkan seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) saat libur akhir tahun 2021.

Kepala Polresta Mataram Komisaris Besar Polisi Heri Wahyudi di Mataram, Kamis, menjelaskan teknis pelaksanaan dari patroli vaksinasi ini dengan turun lapangan menyambangi masyarakat yang beraktivitas di tempat umum.

"Jadi nantinya kita cek dahulu melalui aplikasi PeduliLindungi. Kalau belum vaksin, kita langsung melakukan vaksinasi atau kita arahkan ke rumah sakit dan puskesmas terdekat," kata Heri.

Pada periode libur akhir akhir tahun, Polri juga melaksanakan Operasi Lilin Rinjani 2021 yang memfokuskan kegiatan pada pengetatan protokol kesehatan.

Polresta Mataram dalam pelaksanaan operasi tersebut mendirikan enam pos pelayanan dan pengamanan. Diantaranya, di perempatan Karang Jangkong, Pertigaan Pasar Kebon Roek, Lombok Epicentrum Mall, dan Narmada.

"Setiap pos akan disiapkan petugas vaksinator," ujarnya.

Untuk kebutuhan vaksin COVID-19, Polresta Mataram tidak hanya berkoordinasi dengan petugas puskesmas, ketersediaan juga diandalkan dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda NTB.

Lebih lanjut, Heri mengingatkan masyarakat yang melakukan aktivitas di tempat umum pada periode libur akhir tahun untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan di lapangan.

"Kalau ada yang berkerumun, kita akan bubarkan. Kita juga tidak akan memberikan izin keramaian selama pelaksanaan libur akhir tahun," ucap dia.

Berkenaan dengan libur akhir tahun yang serangkai dengan perayaan Natal 2021, pihaknya juga akan melakukan pengecekan rumah ibadah umat Kristiani secara rutin. Pengamanan tempat juga menjadi bagian dari tugas kepolisian.

"Kita juga akan melakukan pengawasan protokol kesehatan secara ketat di tempat-tempat ibadah pelaksanaan Natal," kata Heri.

Sumber: Antara
Foto: Twitter Sabarudin