Prakiraan Cuaca BMKG Rabu 2 Februari 2022: Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat Di 24 Wilayah

Prakiraan Cuaca BMKG Rabu 2 Februari 2022: Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat Di 24 Wilayah

KABARINDO, JAKARTA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Rabu (2/2/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 24 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

BMKG menginformasikan, terdapat peningkatan kecepatan angin (low level jet) mencapai >25 kt masih terpantau di perairan sebelah selatan NTT yang terinduksi dari keberadaan bibit siklon tropis 99S di Australia bagian barat.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Sumatera Utara, di perairan sebelah barat Sumatera Barat.

Selain itu konvergensi juga terjadi di Jambi, Bengkulu hingga Banten, dari Kep.Riau hingga Kep.Bangka Belitung, dari Banten bag selatan hingga Jawa Barat bag selatan, di kalimantan Barat, dari perairan sebelah selatan Jawa Timur hingga NTB, dari NTB hingga NTT, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Selatan, di Laut Sulawesi, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara, di perairan utara Papua, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Sementara daerah pertemuan angin/konfluensi (pembentukan pola ITCZ) terjadi dari perairan sebelah barat Sumatera hingga selatan NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Rabu (2/2/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Banten

- Jawa Barat

- DKI Jakarta

- Jawa Tengah

- Yogyakarta

- Jawa Timur

- Bali

- Nusa Tenggara Barat

- Nusa Tenggara Timur

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Selatan

- Sulawesi Utara

- Gorontalo

- Sulawesi Tenggara

- Maluku Utara

- Papua

Pembaruan informasi ini disampaikan pada Selasa (1/2/2022) oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

 

Sumber: Tribunnews.com

Foto: istimewa