Presiden Jokowi akan Keluarkan Keppres Penghentian PPKM!

Presiden Jokowi akan Keluarkan Keppres Penghentian PPKM!

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres), untuk mencabut atau menghentikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, jika penyesuaian akan dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes), serta melakukan vaksinasi.

"Penyesuaian akan dilakukan dengan tetap mementingkan protokol kesehatan, vaksinasi, surveilans serta komunikasi publik kepada masyarakat demi meningkatkan dan menjaga herd immunity tetap tinggi menjadi hal utama yang harus terus dilakukan lembaga dan masyarakat," kata Wiku melalui tayangan yang disiarkan kanal BNPB, Kamis (22/12/2022).

Meskipun nantinya PPKM di Indonesia resmi dicabut, Wiku menegaskan bahwa kewaspadaan masyarakat harus tetap tinggi.

Wiku mengatakan, perlu kedisiplinan dalam menjaga kesehatan secara lebih mandiri agar transisi dapat berjalan dengan baik.

"Meskipun saat ini Indonesia sudah mulai masuk ke dalam situasi endemi, namun kewaspadaan masyarakat secara global di masa ini harus tetap tinggi, karena WHO masih belum cabut status pandemi," katanya.

Sekalipun PPKM dicabut, kata Wiku, penanganan untuk pasien Covid-19 akan terus berjalan selama masih ada kasus yang tercatat.

"Penanganan pasien Covid-19 akan terus berjalan selama masih ada kasus di Indonesia," kata Wiku.

Namun Wiku menjelaskan, dengan kondisi kasus yang rendah seperti sekarang, maka pemerintah akan melakukan penyesuaian kebijakan penanganan Covid-19.

"Dengan kondisi yang semakin terkendali di mana kondisi kasus Covid-19 yang tetap rendah diiringi dengan meningkatnya sosial ekonomi masyarakat, maka pemerintah akan menyesuaikan kebijakan penanganan Covid-19. Dimohon masyarakat terus memantau seluruh kanal media pemerintah untuk update penanganan Covid-19 ke depan," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi berharap, kajian serta kalkulasi dari kementerian dan stakeholder terkait perihal penghentian PPKM Covid-19 di akhir tahun 2022 dapat ia terima pada pekan ini juga.

"Kemarin saya berikan target Minggu ini kajian dan kalkulasi sudah sampai ke meja saya, sehingga bisa saya siapkan keputusan presiden mengenai penghentian PSBB dan PPKM ," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/12/2022).