Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja

Presiden Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing  dan Tol Serpong-Balaraja

KABARINDO, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1, tepatnya di Gerbang Tol Gabus, Jalan Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (20/9/2022).

Jokowi mengatakan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing ini merupakan bagian dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023.

"Untuk Jalan Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 km ini merupakan jalan yang bisa mempercepat utamanya mobilitas barang," kata Jokowi.

Ia mengatakan, adanya jalan tol ini dapat mempermudah mobilitas barang dari kawasan industri Bekasi bagian Utara dan Karawang menuju pelabuhan yang ada di Jakarta bagian Utara.

"Kecepatan inilah yang mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk Indonesia yang akan diekspor," ujarnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan, untuk Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1 merupakan Jakarta Outer Ring Road (JORR) ketiga.

Menurut Jokowi, apabila JORR 2 dan JORR 3 rampung truk-truk logistik tak perlu melewati tengah kota Jakarta.

"Ini yang akan mengurangi kemacetan di DKI Jakarta. Untuk Serpong Balaraja, yang kita resmikan sepanjang 5,1 km," tuturnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing ini dikembangkan oleh PT Pelindo yang sebelumnya dikelola oleh PT Waskita.

"Kita harapkan ini memberikan pelayanan terhadap truk-truk kontainer barang-barang yang diekspor dan impor ke kawasan industri logistik yang tadi saya sampaikan," ucap dia.