PT LIB dan Hyundai Motors Indonesia Jalin Kerjasama, Ferry Paulus: Ini Menjadi Berkah untuk Sepakbola Indonesia Bersama Produk Internasional

PT LIB dan Hyundai Motors Indonesia Jalin Kerjasama, Ferry Paulus: Ini Menjadi Berkah untuk Sepakbola Indonesia Bersama Produk Internasional

KABARINDO, JAKARTA – PT Liga Indonesia Baru (LIB) hari ini resmi menjalin kerja sama strategis dengan Hyundai Motors Indonesia dalam acara yang berlangsung di Media Center Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Selasa (22/10/2025). 

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap pengembangan sepak bola Indonesia, khususnya di bidang sarana dan prasarana yang menunjang kelancaran kompetisi.

Presiden Direktur PT LIB, Ferry Paulus, dalam sambutannya menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan liga bersama produk internasional.

“Kami sangat antusias dengan kolaborasi ini. Hyundai Motors Indonesia memiliki komitmen yang kuat terhadap pengembangan olahraga, dan kami percaya mereka dapat mendukung kami dalam mewujudkan sepak bola Indonesia yang lebih maju dan profesional,” ujar Ferry Paulus.

Perlu diketahui bahwa, lanjut Ferry Paulus, selama ini sepakbola Indonesia belum pernah berkolaborasi dengan sponsor atau  co-sponsor dari Internasional. 

"Jadi hari ini PT LIB sangat berbahagia bisa mendapatkan kontrak atau kerjasama dengan Hyundai Motors Indonesia, dan harapan kita tentunya bukan hanya menghiasi sponsor di Liga Indonesia, tetapi juga musim depan menjadi target sponsor Liga Indonesia. Itu menjadi cita-cita kita, di mana bisa bersanding jadi title sponsor seperti liga-liga Asia lainnya diantaranya Australia dan Korea Selatan. Hanya tinggal dua tangga lagi Hyundai sponsor utama kita," terang Ferry lagi.

“Situasi sepak bola Indonesia saat ini yang membuat banyak dukungan. Karena secara bisnis sepak bola memang sangat menarik. Tetapi memang ada kendala-kendala sepak bola Indonesia yang harus betul-betul kita perbaiki dan mereka melihat saat ini sudah lebih baik. Hyundai sebenarnya sudah beberapa tahun yang lalu tertarik tapi sepak bola Indonesia yang masih belum stabil, ada keributan, paska tragedi kanjuruhan,” imbuhnya lagi.

Tahun ini PT. Liga Indonesia memberikan kompetisi ini bermakna dengan adanya VAR. Jadi kendala-kendala kaitannya dengan teknik itu bisa dibilang sudah sangat berkurang dengan VAR. Saat tidak ada VAR banyak protes-protes yang berlebihan.

“Hyundai juga melihat bahwa sepak bola Indonesia ini sangat progress dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa sepak bola Indonesia termasuk imbas dari prestasi timnas buah kerja PSSI kita terus improvement khususnya untuk liga. Harusnya sih satu hingga dua tahun ke depan target kita untuk meraih nomor satu di Asia tenggara harusnya sih tercapai,” ungkapnya.

Adanya pemain Liga 1 yang menjadi ambasador Hyundai, yakni Rizky Ridho (Persija Jakarta), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Alfredo Dewangga (PSIS Semarang) dan Beckham Putra (Persib Bandung), berharap kerjasama terus berlanjut.

“Alhamdulillah Liga 1 lebih baik ada dukungan PT LIB, kerjasama seperti ini terus dilanjutkan, ini sangat membantu pemain,” ujar salah satu perwakilan ambassador Hyundai, Rizky Ridho.

Hyundai akan memberi sebanyak 35 unit mobil. Dimana setiap tim liga satu (18 tim) masing-masing akan mendapatkan satu unit, lima pemain yang menjadi ambasador juga masing-masing mendapat satu unit. Dan sisanya 12 unit akan digunakan oleh LIB untuk operasional kegiatan.

Ferry mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Hyundai Motors Indonesia dan menjadi kebanggaan tersendiri buat PT LIB bisa bekerjasama.

"Ini menjadi berkah yang sangat luar biasa buat sepakbola Indonesia, bisa kontrak dan kerjasama dengan Hyundai," pungkas Ferry. Foto: Ist