Resmi! Menpora Zainudin Amali Buka KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri-La Jakarta

Resmi! Menpora Zainudin Amali Buka KLB PSSI 2023 di Hotel Shangri-La Jakarta

KABARINDO, JAKARTA - Gelaran Kongres Luar Biasa PSSI 2023 (KLB PSSI) resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia,  Prof. Dr. Zainudin Amali di Hotel Shangri La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Dalam kesempatannya, Menpora Amali berharap KLB PSSI 2023 dapat berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya atas nama pemerintah Republik Indonesia secara resmi membuka KLB PSSI 2023,” ucap Menpora Amali di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, KLB PSSI 2023 ini berlangsung untuk menentukan kepengurusan baru PSSI. Pengurus PSSI pusat periode 2023-2027 nantinya terdiri dari 1 Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum dan 12 anggota Komite Eksekutif (Exco).

Acara KLB PSSI dimulai dengan rangkaian doa bersama demi kelancaran jalannya acara. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Ketum KONI Pusat, Marciano Norman.

Barulah setelah itu giliran Menpora Amali yang memberikan sambutan kepada para tamu serta calon kepengurusan PSSI 2023-2027 yang baru. Pria kelahiran Gorontalo itu sekaligus membuka KLB PSSI.

Menpora Amali mengapresiasi kinerja Mochamad Iriawan selama menjabat Keua Umum PSSI. Pasalnya, di masa jabatannya itu, Timnas Indonesia berhasil membenahi peringkatnya di ranking FIFA.

"Pak iriawan luar biasa, terima kasih. Para wakil, exco, dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa peringkat Indonesia saat beliau (Iriawan) memimpin itu 173. Hari ini dia mengakhiri jabatannnya, Timnas Indonesia ada di peringkat 151. Kita harus apresiasi ini," ucapnya menambahkan.

Setelah resmi membuka KLB PSSI, Menpora Amali juga secara simbolis memukul gong. Di mana itu juga sebagai tanda bahwa KLB PSSI 2023 resmi digelar.

Untuk diketahui, terdapat empat calon ketum PSSI 2023-2027. Empat nama tersebut adalah Erick Thohir, LaNyalla Mattalitti, Doni Setiabudi, dan Arief Putra Wicaksono. Sebenarnya ada lima kandidat, namun Fary Djemi Francis secara mengejutkan mundur H-1 jelang KLB PSSI.

Sementara itu ada 15 waketum, di mana salah satunya yaitu Menpora Amali. Lalu terdapat juga 54 calon komite eksekutif PSSI. Foto: Orie Buchori / Kabarindo.com