Safari Politik : Prabowo Ziarahi Makam Gus Dur di Ponpes Tebu Ireng Jombang

Safari Politik : Prabowo Ziarahi Makam Gus Dur di Ponpes Tebu Ireng Jombang

KABARINDO, JOMBANG - Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menhan RI melanjutkan safari politiknya di Jawa Timur seusai bertemu dengan sejumlah tokoh kyai, dan Gubernur Khofifah. Kali ini Prabowo beserta rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5/2022).

Dalam kunjungannya, Prabowo bernostalgia dengan sosok mantan presiden keempat RI, mendiang KH. Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur sembari berziarah ke pusaranya. Bagi Prabowo, Gus Dur adalah sosok yang akrab dengannya hingga begitu berkesan bagi Menteri Pertahanan tersebut.

"Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijet beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo kepada wartawan.

Maka dari itu, kunjungan Prabowo yang bernostalgia di pusara makam Gus Dur disambut dengan hangat oleh KH Irfan Yusuf Hasyim atau Gus Irfan. Menurut Gus Irfan, Prabowo sangat dekat dengan Gus Dur hingga saling mendoakan.

"Saya mengutip ucapannya Gus Dur, beliau pernah mengatakan Pak Prabowo jadi presiden di usia tua, InsyaAllah 2024," tutur salah satu cucu dari pendiri NU KH Hasyim Asyari yang juga keluarga besar ponpes Tebuireng mengungkapkan.

Diketahui sebelum bertemu Gus Irfan, Kunjungan Prabowo ke Ponpes Tebuireng diterima langsung oleh pimpinan ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

"Selamat datang Pak Prabowo, selamat lebaran minal aidzin walfaidzin Pak," ucap Gus Kikin menyambut Prabowo di lokasi.

"Mohon maaf lahir batin Gus," balas Menteri Pertahanan tersebut.

Setelahnya, Prabowo dan Gus Kikin menggelar pertemuan secara tertutup. Usai pertemuan tertutup tersebut, Prabowo dan Gus Kikin langsung menuju makam almarhum Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Saya memang sudah sering datang ke sini, merasa dekat dengan keluarga besar (ponpes) Tebuireng. Dan saat libur ini saya keliling silaturahmi lebaran dengan sahabat sahabat lama saya. Pembahasannya ya yang ringan-ringan saja, melepas rasa kangen ya," ujar Prabowo.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan tersebut sudah bertandang menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indra Parawansa pada hari kedua lebaran, Selasa (3/5/2022) semalam. Kunjungan Prabowo menemui Khofifah ditengarai sebagai rangkaian setelah kunjungannya menemui teman lama Prabowo yakni kyai-kyai Jawa Timur.

Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan dalam agenda pertemuan tersebut, Prabowo hanya berkeinginan untuk silaturahim dengan Khofifah semata. Kunjungan ini, menurut Dahnil, hanya sebagai bentuk lebaran halal bi halal.

"Tidak ada pembicaraan perihal politik, hanya silaturahim biasa, lebaran halal bi halal," ujar Dahnil melalui pesan singkat kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (4/5/2022).

Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah tersebut menyampaikan Prabowo sebenarnya hendak bersilaturahim dengan para kyai yang merupakan kolega lamanya di Jawa Timur. Untuk itu, Dahnil menjelaskan silaturahim ke Jawa Timur ini akan menjadi kurang tepat apabila tidak menyambangi Kepala Daerah Jawa Timur, yakni Khofifah.

"Kebetulan Pak Prabowo ada agenda bersilaturahim dengan teman-teman lama beliau, para Kyai di Jawa Timur. Maka tak afdhol kiranya bila tak mampir dan bersilaturahim dengan kepala daerah Jatim yakni Ibu Khofifah," ujarnya menegaskan.

Seperti diketahui, kunjungan Prabowo menghadap para kyai yang merupakan sahabat lamanya tersebut dilaksanakan pada hari kedua lebaran kemarin. Menurut Dahnil, Kyai-kyai yang ditemui di antaranya yakni kyai Muzaki Jember, Kyai Kholil As'ad Situbondo dan lainnya.