Samsung Dan Apple Jawara Ponsel Dunia

Samsung Dan Apple Jawara Ponsel Dunia

KABARINDO, JAKARTA- Produsen teknologi asal Korea Selatan, Samsung dilaporkan menjadi jawara penjualan ponsel dunia pada 2021. Jumlah total pengiriman Samsung mencapai 272 juta ponsel.
Peningkatan pengiriman Samsung berdasarkan laporan firma riset pasar, IDC. Pengiriman Samsung pada 2021 meningkat 5,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun, dengan adanya masalah rantai pasokan dan kelangkaan komponen belakangan ini membuat pengiriman ponsel di kuartal keempat 2021 sedikit menurun dibanding periode yang sama pada 2020.

"Rantai pasokan dan kelangkaan komponen mulai berdampak berarti pada pasar ponsel cerdas saat kita memasuki paruh kedua tahun ini, dan hal ini terus berlanjut hingga kita memasuki 2022," kata Ryan Reith, wakil presiden IDC dikutip Cnet.
Lebih lanjut IDC juga melihat potensi minat konsumen pada ponsel yang dapat dilipat. Selain itu minat konsumen pada ponsel 5G juga disebut meningkat.

Samsung merebut kembali posisi teratas untuk pengiriman smartphone pada 2021, memegang 20 persen pangsa pasar secara global dengan total pengiriman 272 juta ponsel sepanjang tahun.

Apple Jawara Penjualan
Apple berada di urutan kedua, dengan pengiriman 235,7 juta ponsel, Xiaomi dengan 191 juta, Oppo 133,5 juta ponsel, dan Vivo dengan 128,3 juta pengiriman.Namun angka pengiriman tersebut sedikit berbeda dari firma riset pasar, Counterpoint Research.

Samsung di posisi pertama dengan 271 juta ponsel yang dikirimkan selama 2021, Apple berada pada urutan kedua dengan 237,9 juta, Xiaomi dengan 190 juta, Oppo dengan 143,2 juta dan Vivo dengan 131,3 juta.

Menurut Counterpount, hal ini menandai pertama kalinya pasar smartphone tumbuh dari tahun ke tahun sejak 2017."Pemulihan smartphone global pada tahun 2021 mengikuti pandemi 2020 dan permintaan terpendam berikutnya," kata Harmeet Singh Walia, analis senior Counterpoint.Ia menambahkan permintaan didorong oleh ponsel 5G pertama Apple, iPhone 12. Pemulihan pasar bisa bahkan lebih baik jika bukan karena kekurangan komponen.

Dikutip CNN, Counterpoint Research mengatakan Apple mencapai pangsa pasar tertinggi di China dalam tiga bulan terakhir hingga Desember 2021.
Pangsa pasar Apple di China mencapai 23 persen pada kuartal terakhir 2021, dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya hanya 16 persen.
Menurut laporan firma riset pasar Canalys, China membantu Apple merebut kembali posisinya sebagai pemimpin penjualan di pasar global.Canalys mengatakan Apple mengalahkan Samsung selama musim liburan 2021. Pengiriman Apple sebesar 22 persen, sedangkan Samsung 20 persen.

"Apple kembali ke puncak pasar smartphone setelah tiga kuartal, didorong oleh kinerja yang luar biasa dari iPhone 13," kata analis Canalys, Sanyam Chaurasia.
Menurut analis Counterpoint Research, Mengmeng Zhang mengatakan kenaikan penjualan Apple signifikan pada kuartal terakhir 2021.
Apple menurut Zhang dengan cepat naik ke peringkat pertama di China tepat setelah iPhone 13 dirilis, dikutip CNN.

 

Sumber: CNNIndonesia

Foto:  Seluler.id