Samsung Perkenalkan Samsung Food, Layanan Makanan dan Resep yang didukung AI

Samsung Perkenalkan Samsung Food, Layanan Makanan dan Resep yang didukung AI

Samsung Perkenalkan Samsung Food, Layanan Makanan dan Resep yang didukung AI

Resep yang disesuaikan, perencanaan makan cerdas dan kompatibilitas smart home

Surabaya, Kabarindo- Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan peluncuran Samsung Food, platform makanan dan resep yang dipersonalisasi dan didukung AI.

Dirilis dalam 8 bahasa di 104 negara di seluruh dunia, Samsung Food menawarkan pengalaman kuliner yang komprehensif melalui lebih dari 160.000 resep, berperan sebagai asisten pribadi yang membantu pengguna meracik hidangan baru, membuat perencanaan hidngan yang disesuaikan dan memesan bahan makanan secara online. Layanan ini juga akan membantu pengguna mengontrol peralatan memasak mereka, sekaligus memberikan panduan memasak langkah demi langkah dan memungkinkan pengguna berbagi resep favorit di media sosial.

Samsung Food menggunakan teknologi AI untuk melampaui kemampuan yang ada dan menghadirkan platform makanan yang beradaptasi dengan kebutuhan dan gaya hidup penggunanya. Untuk mencapai hal ini, Samsung Food memanfaatkan database ekstensif Whisk, sebuah platform makanan pintar yang diakuisisi oleh Samsung Next pada 2019 yang memanfaatkan teknologi canggih yang disebut Food AI, yang menyarankan makanan berdasarkan preferensi pengguna dan makanan musiman.

Chanwoo Park, Executive Vice President and Head of the Service Biz Group of the Digital Appliances Business at Samsung Electronics, mengatakan kita semua suka memasak dan makan Bersama. Makanan yang kita nikmati dan cara kita menyiapkannya sangat penting bagi kehidupan kita sehari-hari.

“Dengan menghubungkan peralatan digital dan perangkat seluler di seluruh ekosistem Samsung serta membantu pengguna mulai dari daftar belanja hingga piring makan untuk digunakan, Samsung Food menggunakan kemampuan AI canggih untuk menghadirkan pengalaman kuliner lengkap yang personal dan dapat dikontrol pengguna langsung dari telapak tangan mereka,” ujarnya pada Senin (3/9/2023).

Beragam fitur Samsung Food mendukung pengguna mulai dari merencanakan makanan hingga proses memasak yang mencakup 4 bidang utama: penemuan dan personalisasi resep, perencanaan makanan yang disesuaikan, memasak terhubung dan fungsi berbagi di media sosial.

Untuk penemuan resep, Samsung Food memungkinkan pengguna menyimpan resep ke kotak resep digital pribadi mereka kapan saja dan dari mana saja. Aplikasi ini menganalisis resep, menstandarkan formatnya dan mengaturnya untuk membuat daftar belanja berdasarkan bahan-bahannya. Selain perangkat seluler, pengguna juga dapat mengakses layanan Samsung Food dengan kulkas Bespoke Family Hub. Dibuka dari layar sentuh Family Hub, Samsung Food memberikan rekomendasi resep berdasarkan daftar item makanan tersedia yang dikelola oleh pengguna.

Samsung Food juga dilengkapi dengan fungsi Personalize Recipe, yang memungkinkan Food AI di aplikasi untuk secara langsung mengubah resep yang disimpan agar lebih mencerminkan kebutuhan diet pengguna. Misalnya, pengguna dapat mengubah resep menjadi versi vegan atau vegetarian atau membuat perubahan lain untuk membuat resep yang lebih bergizi seimbang atau menggunakan bahan-bahan yang tersedia. Pengguna bahkan dapat membuat resep fusion, seperti masakan Italia versi Korea, dan menyesuaikan waktu memasak atau tingkat keahlian resep.

Untuk membuat rencana makan harian individual, aplikasi ini membuat rekomendasi yang dibuat oleh AI berdasarkan data pengguna, preferensi diet dan jenis masakan favorit, serta memungkinkan pengguna menambahkannya ke agenda makan mereka. Rincian nutrisi bahan-bahan tersedia kapan saja. Pengguna dapat menambahkan item ke daftar belanja Samsung Food lalu mengirimkannya langsung ke keranjang pembelian di e-commerce.

Dengan proses memasak yang terkoneksi, konektivitas Samsung Food yang lancar memungkinkan pengguna menyetel timer, memanaskan oven dan mengirimkan pengaturan memasak langsung ke peralatan melalui mode memasak yang dipandu langkah demi langkah, semuanya dari perangkat portabel mereka. Dimulai dengan Bespoke Oven, Samsung berencana untuk menghubungkan berbagai peralatan termasuk rangkaian induksi Bespoke dan gelombang mikro Bespoke ke Samsung Food pada akhir tahun ini untuk memperluas kenyamanan bagi pengguna di dapur.

Pengguna dapat dengan mudah bersosialisasi dengan Samsung Food dengan berbagi hidangan favorit mereka dengan komunitas, membuat dan menerbitkan resep sendiri dan mengikuti pembuat konten makanan favorit mereka.

Samsung akan terus menambahkan fitur dan layanan baru ke aplikasi untuk pengalaman kuliner pribadi yang lebih lancar dan komprehensif. Pada akhir tahun, Samsung berencana menawarkan integrasi Samsung Health dengan Samsung Food sehingga pengguna dapat menerima saran manajemen pola makan. Sinkronisasi informasi seperti BMI, komposisi tubuh dan konsumsi kalori dengan Samsung Food akan membantu pengguna mencapai tujuan kesehatan dan menjaga pola makan seimbang.

Direncanakan untuk diterapkan pada 2024, teknologi Vision AI \memungkinkan Samsung Food mengenali item makanan dan makanan yang difoto melalui kamera dan memberikan detailnya, termasuk informasi nutrisi. Dengan menganalisis item makanan, aplikasi dapat merekomendasikan resep terbaik untuk digunakan, menyimpan resep tersebut ke koleksi pengguna dan menambahkan bahan-bahan yang diperlukan ke daftar belanja, semuanya dalam beberapa ketukan.

Sebagai bagian dari rangkaian layanan Samsung yang terus berkembang, Samsung Food mewakili langkah selanjutnya dalam pengalaman komprehensif, namun dapat dinikmati pelanggan di rumah. Samsung Food berupaya untuk lebih memperluas kemudahan yang dapat dicapai dengan dapur peralatan rumah tangga Samsung yang cerdas dan terhubung, serta akan terus diperbarui dengan fitur-fitur baru setelah peluncuran resminya.