Sean Gelael Membuka 2022 dengan Podium

Sean Gelael Membuka 2022 dengan Podium

KABARINDO, FLORIDA - Seri pembuka FIA World Endurance Championship (FIA WEC) awalnya berjalan mulus dan nyaris tanpa drama. Namun pada separuh jalan, insiden demi insiden terjadi hingga balapan bertajuk 1000 Miles of Sebring di Florida, AS, itu berakhir.

Team WRT #31 diwakili oleh Sean Gelael saat start. Ditugasi menghemat ban dan bahan bakar, pebalap Jagonya Ayam ini tidak memaksa untuk fight di kelas LMP2. Tambahan lagi, sejak awal mobil WRT selalu tak bersahabat dengan cuaca panas saat balapan pada Jumat (18/3) itu.

Sean berada di P8 dan P9 di sepanjang dua stint awal yang dilakukannya. Setelah itu Robin Frinjs mengambil alih kendali.

Ketika lomba terpaksa dihentikan akibat Jose Maria Lopez (Toyota) mengalami kecelakaan hebat, WRT #31 mengambil banyak keuntungan setelah balapan dilanjutkan.

Posisi mereka merangkak naik dengan selisih yang juga terpangkas. Bahkan posisi dua mereka amankan dengan sangat nyaman.

Sekitar satu jam menjelang finis, badai mengintai sirkuit. Race Director, Eduardo Freitas lantas kembali menghentikan balapan. Alasannya adalah, menurut UU setempat bila ada badai maka warga harus dilindungi.

Dan para marshal yang bertugas di lapangan terbuka pun mesti dilindungi, sehingga balapan terpaksa dihentikan. 

Namun karena kemudian hujan turun dan malam pun menjelang, lomba akhirnya dinyatakan selesai. Sean, Rene, dan Robin Frinjs dinobatkan sebagai runner-up di bawah tim United Autosports USA #23.

"Tentu saja saya senang dengan hasil ini. Finis di posisi dua adalah awal yang baik, dan bagi tim WRT lebih baik lagi karena finis di posisi dua dan tiga. Kami tentu ingin menang dan itu hanya bisa diraih dengan kerja keras. Musim masih panjang," kata Sean, pebalap yang didukung Pertamina, BNI , MS GLow dan PASEO ini.

Robin menambahkan: "Di awal lomba kami kesulitan karena suhu panas. Namun kemudian membaik. Dan menjelang finis saya berharap hujan, tapi balapan dihentikan. Bagaimanapun, ini awal yang bagus buat tim."

"Cuaca panas benar-benar membuat kami kesulitan di awal balapan. Tapi kami kemudian bangkit saat suhu mulai lebih dingin," ungkap Rene.

Seri berikut FIA WEC digelar di Belgia dalam titel 6 Hours of Spa-Francorchamps pada 7 Mei 2022.

Hasil 1000 Miles of Sebring
1. United Autosports USA #23
2. Team WRT #31
3. Realteam by WRT #41
4. Prema Orlen Team #9
5. JOTA #28