SeberangKota Jambi; Bakal Jadi Pusat Wisata Religi

SeberangKota Jambi; Bakal Jadi Pusat Wisata Religi

Jambi, Kabarindo- Kegiatan Peringatan haul  Al-Habib Husein bin Ahmad Baraqbah merupakan agenda yang rutin digelar setiap tahun di kawasan SeberangKota Jambi. 

Wali Kota Jambi H Syarif Fasha dalam sambutan peringatan haul itu  menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan haul tersebut. Ia mengatakan kegiatan yang di support Pemerintah Kota Jambi itu adalah salah satu wujud percepatan pengembangan  Seberang Kota Jambi sebagai pusat wisata religi.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Jambi mempercepat pengembangan Jambi Kota Seberang sebagai pusat wisata religi," katanya.

Fasha menyebutkan potensi  Seberang Kota Jambi sangat luar biasa khususnya dari sisi sejarah masuknya Islam. Selain akan menambah dukungan penyelenggaraannya melalui APBD, ia juga minta instansi terkait bersama panitia dan masyarakat dapat menyelenggarakan kegiatan tersebut menjadi lebih variatif dan menarik, seperti dengan menggelar festival Islami dan bazar sebagai rangkaian haul tersebut.

"Selain bernilai ibadah dan memperkuat ukhuwah, kegiatan ini juga diharapkan menimbulkan multiplier effect yang dapat menggerakkan ekonomi masyarakat setempat, misalnya dengan menggelar berbagai kegiatan sebelum pelaksanaan puncak haul, dan insya Allah kami juga akan menambah alokasi dukungan penyelenggaraan kegiatan ini melalui APBD Kota Jambi tahun depan," kata Fasha.

Wali Kota Jambi juga menjelaskan sejarah Al-Habib Husein bin Ahmad Baraqbah yang tidak bisa dipisahkan dari pesatnya pengembangan Islam di Provinsi Jambi khususnya di Kota Jambi.

Menurut ia Al Habib Husein bin Ahmad Baraqbah seorang Waliyullah yang hijrah dari kota Tarim Hadhramaut, Yaman Selatan semata-mata untuk syiar Agama Islam. Ia datang ke Indonesia melalui Aceh, dan sempat menetap di Palembang dan Jambi.

Kemudian menikah salah satunya dengan puteri Datuk Sintai dan mengembangkan syiar agama Islam di tahun 1700-an hingga wafatnya di Jambi.

"Riwayat beliau itu menurut dia sungguh luar biasa dan tidak bisa dipisahkan dari sejarah dan peradaban Islam di Jambi," terang Fasha.

Selain mengajak jamaah haul yang hadir untuk menghormati jasa Al-Habib Husein bin Ahmad Baragbah dengan meneladani akhlaknya, Fasha juga bersyukur karena Kota Jambi mendapatkan karomah dari seorang Waliyullah.

"Beliau adalah salah satu Aulia yang kita hormati di sini, untuk itu mari kita teladani akhlak beliau, mudah-mudahan dengan kehadiran dan kekaromahan beliau dapat menjadikan kota kita ini Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur," kata Fasha.

Diakhir sambutannya, Fasha juga berpesan kepada masyarakat Seberang Kota Jambi, agar terus meningkatkan partisipasinya dalam menyukseskan program pemerintah termasuk turut memelihara hasil-hasil pembangunan yang telah dibangun di wilayahnya seperti dilansir dari laman antaranews.