Semangat Berlipat Team WRT Tampil di Kandang

Semangat Berlipat Team WRT Tampil di Kandang

KABARINDO, BELGIA - Bukan hanya menyapu bersih posisi finis 1-2 pada balapan sebelumnya di Imola, Italia yang membuat Team WRT akan tampil bergairah akhir pekan ini. Status Spa-Francorchamps sebagai sirkuit yang merupakan kandang mereka membuat semangat tim asal Belgia ini berlipat.

 

Team WRT menurunkan dua mobil di kelas LMGT3 FIA WEC 2024, yakni WRT 31 dan WRT 46. Dan kedua mobil itu secara meyakinkan berhasil finis di posisi 1 dan 2. Dan itu adalah sejarah besar, bukan hanya buat beberapa pebalap, namun juga BMW M Motorsport yang menyediakan mobil BMW M4 GT3.

Sejak ikut FIA WEC, itulah kali pertama BMW M Motorsport mampu tampil sebagai pemenang. Menariknya, salah satu pembuat sejarah itu adalah pebalap Indonesia, Sean Gelael, yang mengendarai mobil WRT 31 dan menang di Imola bersama dua rekannya, Augusto Farfus (Brasil) dan Darren Leung (Inggris).

 

Sebenarnya sebagai pemasok mesin dan sebagai tim, BMW pernah memenangi balapan ketahanan bergengsi, 24 Hours of Le Mans. Pada 1995 mereka menang sebagai pemasok mesin (McLaren F1 GTR-BMW), sementara pada 1999 menang sebagai tim (Team BMW Motorsport).

 

Hanya, saat itu balapan ketahanan belum berupa Kejuaraan Dunia dalam naungan FIA (FIA World Championship). FIA WEC (World Endurance Championship) baru resmi terselenggara pada 2012, di mana 24H of Le Mans tentu saja ada di dalamnya dan ditambah beberapa balapan ketahanan lain dalam durasi beragam, ada 6, 8, dan 10 jam.

Kemenangan WRT 31 dan BMW di Imola juga berlangsung dramatis, di mana dua mobil mereka, ditambah WRT 46, pada saat hujan justru sama-sama malah memakai ban kering dengan perjudian kondisi basah tak terlalu lama dan beberapa bagian lintasan tidak terlalu basah. Dan perjudian itu pun berhasil.

 

Pada 6H of Spa-Francorchamps, hujan sudah lumrah terjadi dan bila turun biasanya lebat. Tentu akan berisiko tinggi bila pemakaian ban kering kembali diulangi di Spa pada balapan Sabtu nanti. Selain trek yang akan sangat basah bila hujan, juga terdapat banyak tikungan berbahaya bila lintasan licin, seperti Eau Rouge dan Raidillon.

 

Andreas Roos (Head of BMW M Motorsport) senang bahwa timnya mengalami kemajuan signifikan sejak putaran pertama di Qatar dan lalu di Imola, apakah itu di kelas Hypercar atau LMGT3. “Saya mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah bekerja keras. Kita tinggal memanfaatkan momentum positif ini untuk tampil konsisten,” ujarnya.

 

Sean mengatakan bahwa di Spa-Francorchamps dia pernah menang bersama Team WRT, tapi pada 2022 itu kondisi berbeda. “Kami masih berlaga di kelas LMP2 dan rekan setim saya kini semua di kelas Hypercar, Rene Rast dan Robin Frinjs. Namun bersama Augusto dan Darren semangat tetap sama, semangat untuk menang lagi,” katanya.

 

Sebagai pemenang di Imola dan peringkat dua klasemen sementara LMGT3, WRT 31 akan ketambahan beban 25 kg dampak regulasi BoP (Balance of Performance). Sementara itu WRT 46 hanya ketambahan 10 kg sebagai runner-up di Imola. 

 

Race 6 Hours of Spa-Francorchamps yang merupakan persembahan dari Pertamax Turbo sebagai Global Partner Team WRT, juga KFC, Bank Mandiri, Telkomsel, dan MIND ID, disiarkan langsung oleh kanal youtube KUY Entertainment dan www.sean-gelael.com dengan start pukul 18.00 WIB pada Sabtu (11/5).

 

Klasemen Sementara LMGT3

1. Manthey PureRxcing 92 (poin 54)

2. Team WRT 31 (poin 37)

3. Heart of Racing Team 27 (poin 37)