Siti Atikoh: Ganjar'Mahfud akan Selalu Berpihak kepada Pelaku UMKM

Siti Atikoh:  Ganjar'Mahfud akan Selalu Berpihak kepada Pelaku UMKM

KABARINDO, BANYUMAS - Istri Calon Presiden (Capres) 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti berkomitmen, akan selalu berpihak kepada pelaku UMKM.

Komitmen itu disampaikan Siti Atikoh menjawab salah satu pertanyaan pelaku UMKM usai praktik membuat kuliner khas Banyumas mino di Desa Wisata Pekunden, Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Atikoh menyinggung soal rekam jejaknya saat mendampingi Ganjar Pranowo menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode. Menurutnya, keberpihakan tersebut bakal diimplementasikan melalui program yang mendukung produk-produk UMKM agar bisa dipasarkan secara nasional.

“Pedagang UMKM tentu kita akan sangat berpihak ya, kemarin kalau UMKM kan kalau kita lihat kita petakan, ada beberapa hal yang memang perlu kita dampingi. Yang pertama dari sisi untuk peningkatan kualitas, misalnya di daerah sini UMKM nya itu sudah skalanya lokal, bagaimana kita support untuk mereka ekspansi bisa nasional,” kata Atikoh.

Atikoh mengatakan, paslon Ganjar-Mahfud akan menjadikan UMKM sebagai soko guru atau pondasi perekonomian Indonesia. Sebab, tenaga kerja yang diserap oleh UMKM sangat tinggi tetapi sumbangan ekonominya masih rendah.

“Kalau angka nasionalnya agak lupa ya, ada di suatu daerah itu penyerapan tenaga kerja UMKM nya lebih dari 60 persen, tapi sumbangsih terhadap ekonomi tidak lebih dari 30 persen,” ungkapnya.

Atikoh mengungkapkan, perlu digandeng sektor pariwisata untuk mengatrol pendapatan pelaku UMKM. Menurutnya, sektor wisata dan UMKM merupakan entitas yang tak bisa dipisahkan.

"Wisata di Banyumas itu juga luar biasa sekali, ini bocoran dari saya, pengalaman pribadi, mungkin 35 persen sampai 50 persen uangnya orang Purbalingga itu habis di Purwokerto Banyumas, wong tuku oleh-oleh tuku panganan (beli oleh-oleh, beli makanan) piknik, nginep, benar ya, ini rahasia lho, rahasia dari yang sering membelanjakan di Banyumas,” tuturnya.

Ini adalah potensi yang luar biasa, kemudian dari sisi pendampingan, pendampingan mulai dari di tingkat kabupaten, kemudian provinsi, dan pusat,” sambungnya.

Selain itu, Atikoh juga mendukung pelaku UMKM dari segi permodalan agar para pedagang bisa melanjutkan usahanya tanpa terbentur masalah modal.

Pihaknya juga mendorong pembangunan pusat UMKM yang menjadi wadah para pelaku UMKM berdiskusi tentang permasalahan yang timbul saat berdagang. Di pusat wadah UMKM tersebut nantinya akan ada konsultan yang mendampingi pelaku UMKM.