Soroti Potensi Kerja Sama dengan Indonesia, Kedubes India Luncurkan Buku

Soroti Potensi Kerja Sama dengan Indonesia, Kedubes India Luncurkan Buku

KABARINDO, JAKARTA - Untuk menyoroti potensi kerja sama dengan Indonesia, Kedutaan Besar india meluncukan sebuah buku.

Pada Selasa (31/11/2021) malam, buku berjudul "KESAMAAN India-Indonesia: The Next Step" diluncurkan oleh Kedubes India di Jakarta.

Buku ini menyoroti tentang potensi penguatan kerja sama di berbagai sektor antara kedua negara yang akan memperkuat hubungan bilateral.

“Buku ini memberikan gambaran yang baik terhadap sifat dari hubungan antara India dan Indonesia, situasi geopolitik di kawasan kita, dan bagaimana kedua negara berupaya untuk beradaptasi dengan dinamika geopolitik,” ujar Duta Besar India untuk Indonesia, Manoj K Bharti.

Konektivitas, maritim, dan hubungan masyarakat jadi beberapa sektor dari belasan yang dikatakan punya potensi lebih.

Rencananya, volume perdangangan kedua negara akan mencapai angka 50 miliar dolar AS pada 2025 mendatang.

Hubungan kedua negara juga nantinya akan membuat kedua negara maju bersama dalam bidang ekonomi, sosial, hingga lingkungan.

Duta Besar Indonesia untuk India, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi, mengatakan bahwa buku terebut melihat lebih jauh dari hubungan kedua negara dari sejarah hingga semangat kolaborasi di berbagai ektor.

“Sebagai presidensi yang back-to-back di dua tahun mendatang, (kedua negara) harus menunjukkan kepemimpinan bagi dunia, terutama untuk ekonomi dan kesejahteraan rakyat,” kata Ina.

Indonesia dan India memang menduduki posisi keketuaan G20 secara beruntun, India pada 2021, Indonesia setahun berselang.

Sumber: Antara
Foto: Antara