STIKes Horizon Karawang Jadi Mitra Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Tangani Stunting

STIKes Horizon Karawang Jadi Mitra Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Tangani Stunting

KABÀRINDO, KARAWANG - STIKes Horizon Karawang menandatangani MoU dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang tentang kegiatan Program Permodelan Pentahelix Desa/Kelurahan Tangkas (Tangginas Ngajorong Kasehatan).

Kerjasama tersebut dimaksudkan untuk upaya pencegahan dan penanganan Stunting di Kabupaten Karawang.

Sebagai institusi pendidikan kesehatan yang sudah berdiri sejak tahun 1992 dan merupakan kampus pertama yang menyediakan program studi Keperawatan di Karawang, STIKes Horizon Karawang (dulu bernama STIKes Kharisma) sudah barang tentu mempunyai ikatan bathin yang kuat dengan masyarakat Karawang.

Maka tentu saja kerjasama dengan dinas kesehatan Kabupaten Karawang ini disambut dengan sukacita sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan perwujudan pengabdian masyarakat.

Mengutip dari antaranews.com, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting di Karawang sendiri menyatakan pada 5 Oktober 2022 bahwa berdasarkan hasil audit, faktor penyebab tingginya angka stunting di Karawang adalah masalah ekonomi, sosial, kesehatan, hingga pendidikan.

Sedangkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Karawang sendiri tidak masuk dalam masalah kesehatan masyarakat.

Karena melihat data yang dilansir Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, tingkat prevalensi stunting di Karawang kurang dari 20 persen.

Namun demikian stunting tetap harus dicegah dan ditangani. Karena menurut WHO stunting berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Maka dari itu, STIKes Horizon Karawang selaku institusi pendidikan kesehatan di Karawang memandang penting kerjasama dengan Dinas Kesehatan Karawang.

Pada perjanjian yang ditandatangani oleh Eldawati, M.Kep selaku Ketua STIKes Horizon Karawang dan Dr. Endang Suryadi, MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang tersebut disepakati bahwa kerjasama ini bertujuan untuk percepatan pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Karawang tahun 2022 melalui desa/kelurahan pemodelan penanganan stunting menuju Karawang zero stunting tahun 2024.

Selain dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, STIKes Horizon Karawang juga mengikat berbagai kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kemitraan dengan dunia industri. Misalnya dengan PT Joyfulcare Indonesia, perusahaan pendidikan dan perekerutan tenaga caregiver ke Jepang, Primaya Hospital dan Persada Hospital.

Selain Program Studi Ilmu Keperawatan (S1) yang ditempuh selama 1 tahun atau 2 semester dengan kelulusan bergelar Ners (Ns), STIKes Horizon Karawang yang berkedudukan di Jalan Raya Pangkal Perjuangan, Karawang juga memiliki program studi D3 Kebidanan dan, D3 Keperawatan. Foto: Dok. Horizon Karawang