Terbangkan Dua Armada, Garuda Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Terbangkan Dua Armada, Garuda Indonesia Distribusikan Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

KABARINDO, JAKARTA - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia turut membantu mengangkut bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia lewat program "Indonesia Humanitarian Aid to the People of Aghanistan" menuju Kabul, Afghanistan, pada Minggu (9/1/2022).

Garuda Indonesia merasa bahwa bantuan pengiriman tersebut menjadi sebuah kebangaan dan kehormatan bagi mereka.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan bahwa pengiriman tersebut menjadi sebuah kebanggaan dan makna tersendiri bagi Garuda.

"Kami sebagai national flag carrier dapat berperan aktif dalam menghubungkan pesan solidaritas kemanusiaan antarnegara melalui pendistribusian bantuan ini yang sarat dengan makna filosofis atas wujud kepedulian masyarakat dunia dalam sebuah misi kemanusiaan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya.

Terbangkan Sekitar 65 Ton Bantuan

Irfan menjelaskan bahwa Garuda Indonesia menerbangkan sedikitnya 65 ton bantuan lewat dua armada Airbus A330-300.

Bantuan kemanusiaan itu dipersiapkan melalui Kementerian Luar Negeri RI yang terdiri dari bantuan kebutuhan pokok dan kebutuhan penunjang lainnya.

Penerbangan tersebut turut dikawal oleh tim diplomat Kemenlu, tim medis, dantim pengamanan guna untuk memastikan kelancaran pendistribusian bantuan.

Baca Juga: Media Turki Sebut Kabar Kepindahan Mesut Ozil ke RANS Cilegon FC?

Adapun Humanitarian Flight tersebut diberangkatkan dari Jakarta menggunakan penerbangan GA 7900 yang berangkat pada dini hari tadi dan telah tiba di Kabul, Aghanistan pada pukul 12.34 WIB. Sedangkan, penerbangan GA 7720 tiba di Kabul pada pukul 13.04 WIB.

Irfan mengatakan bahwa dukungan ini adalah bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk terus menjalankan amanah dari negara, dalam mengemban tugas sebagai maskapai representasi bangsa.

"Kami berperan aktif di garda terdepan dalam misi diplomasi kemanusiaan salah satunya melalui pendistribusian bantuan ke Afghanistan yang saat ini tengah membutuhkan dukungan dari masyarakat internasional," ujarnya.

"Kami turut mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan humanitarian flight ini mengingat banyak aspek teknis yang harus dipersiapkan secara matang untuk memastikan kelancaran terlaksananya humanitarian flight ini," pungkas Irfan.

Sumber Berita: Antara

Foto: Antara