Tim Produksi Film Penyalin Cahaya Depak Kru yang Diduga Terlibat Pelecehan Seksual

Tim Produksi Film Penyalin Cahaya Depak Kru yang Diduga Terlibat Pelecehan Seksual

KABARINDO, JAKARTA - Tim produksi film berjudul Penyalin Cahaya secara resmi menghapus nama seorang kru dari kredit film karena diduga telah mencoreng nama film tersbut dengan kasus pelecehan seksual.

Selain dicoret dari kredit film, oknum tersebut juga dipecat dari Rekata Studio selaku rumah produksi Penyalin Cahaya.

Ironisnya film tersebut mengangkat soal isu kekerasan dan pelecehan seksual.

Informasi soal kasus dugaan pelecehan seksual itu diketahui oleh tim produksi Penyalin Cahaya dari salah satu komunitas yang mengurus soal pelaporan kasus pelecehan seksual.

Dari laporan itu, diketahui pelaku melakukannya di masa lampau.

Pernyataan Resmi Tim Produksi

Usai mendapati informasi tersebut, film yang meraih banyak penghargaan itu langsung membuat pernyataan resmi lewat Rekata Studio dan Kaninga Pictures.

"Kami Rekata Studio dan Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami," tulis mereka, dikutip dari laman Twitter @rekatastudio, Senin, 10 Januari 2022.

Baca Juga: Bercanda dengan Corona

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film."

"Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," tambah mereka. Mereka lantas mengatakan bahwa pihaknya sangat serius dalam menyikapi kejadian ini. "Kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat. Terima kasih," tutup mereka.

Adapun Penyalin Cahaya dibintangi oleh Shenina Cinnamon dan Chicco Kurniawan.

Film ini rencananya akan tayang di layanan streaming film Netflix pada 13 Januari 2022 mendatang.

Sumber Berita: Twitter Rekata Studio

Foto: Penyalin Cahaya