Torehkan Sejarah, Timnas Maroko ke Semifinal Usai Kalahkan Portugal 1-0

Torehkan Sejarah, Timnas Maroko ke Semifinal Usai Kalahkan Portugal 1-0

KABARINDO, DOHA - Tim Nasional (Timnas) Maroko kembali berikan kejutan dengan mengalahkan Portugal di babak perempatfinal Piala Dunia 2022 dengan skor 1-0.

Menariknya, Singa Atlas -julukan Maroko, berhasil menorehkan sejarah sebagai negara asal benua Afrika pertama yang melaju ke semifinal ajang empat tahunan sepakbola dunia tersebut.

Timnas Maroko menang atas Portugal  berlangsung di Stadion Al Thumama, Qatar pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Pada laga itu, Maroko sempat kesulitan untuk bisa menciptakan peluang di babak pertama. Namun, berkat kerja kerasnya Singa Atlas sukses mencetak gol pembuka lewat sundulan Youssef En-Nesyri di menit 42.

Setelah itu, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Alhasil, Maroko menyusul Argentina dan Kroasia melaju ke semifinal.

Pada babak semifinal nanti, Maroko akan berhadapan dengan pemenang di laga Inggris vs Prancis. Kedua tim tersebut tentu menjadi lawan yang sangat sulit bagi Singa Atlas.

Menurut laporan dari Squawka, Ini menjadi sejarah bagi Singa Atlas yang bisa menembus semifinal Piala Dunia untuk kali pertama.

Selain itu, Maroko adalah tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal turnamen Piala Dunia. Masing-masing dari tiga tim Afrika sebelumnya yang mencapai perempat final semuanya tersingkir pada tahap ini (Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002 dan Ghana pada tahun 2010).

Oleh karena itu, Maroko menjadi satu-satunya tim Afrika pertama yg tembus semifinal. Negara-negara Afrika di perempat final Piala Dunia adalah Kamerun 2-3 (perpanjang waktu) Inggris (1990), Senegal 0-1 (perpanjang waktu) Turki (2002), Ghana 1-1 (2-4 dengan penalti) Uruguay (2010).

Foto: Reuters