UEFA Nations League 2022/2023: Timnas Belanda Hajar Belgia 1-0

UEFA Nations League 2022/2023: Timnas Belanda Hajar Belgia 1-0

Laga antara Timnas Belanda vs Belgia di UEFA Nations League 2022-2023  pada Senin (26/9/2022) dini hari WIB, akhirnya pasukan Der Oranje (julukan Timnas Belanda) berhasil mengamankan tiga poin melalui gol tunggal Virgil Van Dijk (73’).

Alhasil,  Timnas Belanda pun menang 1-0 atas Belgia dan berhak melaju ke semifinal.

Pada babak pertama, Belanda mencoba untuk menunjukan dominasinya sejak pertandingan dimulai. Pada menit ketiga, Nathan Ake dan Steven Berghuis langsung memberikan ancaman kepada Belgia, namun keduanya masih kurang akurat dalam melakukan tendangan.

Meski sedikit tertekan, Belgia dalam beberapa kesempatan juga mampu menciptakan peluang yang cukup berbahaya. Meski begitu, Belanda masih dapat menjaga pertahanannya dengan baik sehingga belum ada gol yang dapat tercipta.

Pada menit ke-14, Belgia mendapatkan peluang emas setelah Berghuis melakukan kesalahan dan membiarkan Bergia melancarkan serangan. Kevin de Bruyne pun melakukan tembakan, beruntung, Remko Pasveer mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.

Beberapa peluang terus didapatkan oleh kedua tim di babak pertama. Meski begitu, masih belum ada yang dapat tercipta setelah Belanda dan Belgia sama-sama mampu menunjukan pertahanan yang cukup baik.

Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang dapat diciptakan oleh kedua tim. Belanda dan Belgia pun masih harus puas bermain imbang 0-0 hingga turun minum.

Setelah masih memiliki masalah ketajaman di babak pertama, Belanda dan Belgia melakukan beberapa perubahan di awal paruh kedua. Belanda pun berhasil menunjukan pola permainan yang lebih menjanjikan.

Beberapa peluang pun terus didapatkan oleh Belanda di 10 menit awal babak Kedua. Namun lagi-lagi tim asuhan Louis van Gaal tersebut masih belum dapat memaksimalkan beberapa peluang emas dengan sempurna.

Setelah sepuluh menit, Belgia akhirnya mampu kembali menemukan ritme permainan yang baik untuk menghadapi Belanda. Kini kedua tim pun secara bergantian melakukan serangan, namun belum ada gol yang dapat tercipta.

Pada menit ke-73, Belanda akhirnya berhasil memecah kebuntuan setelah Virgil van Dijk sukses memanfaatkan umpan dari Cody Gakpo dengan sempurna. Kini Belanda pun berhasil unggul 1-0 atas Belgia.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol yang dapat kembali tercipta di laga tersebut. Belanda pun berhasil memastikan kemenangan dengan skor 1-0 atas Belgia hingga peluit panjang ditiupkan.

Susunan pemain Timnas Belanda vs Belgia:

Belanda (3-4-2-1): Remko Pasveer; Jurrien Timber, Virgil Van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Davy Klaassen, Marten De Roon, Daley Blind; Steven Berghuis, Steven Bergwijn; Vincent Janssen.

Pelatih: Louis van Gaal.

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Zeno Debast, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Amadou Onana, Axel Witsel, Timothy Castagne; Kevin De Bruyne, Eden Hazard; Michy Batshuayi.

Pelatih: Roberto Martinez.

Foto: Reuters