UNDP Peringatkan 9 dari 10 Negara Alami Kemunduran Pembangunan Manusia

UNDP Peringatkan 9 dari 10 Negara Alami Kemunduran Pembangunan Manusia

UNDP Peringatkan 9 dari 10 Negara Alami Kemunduran Pembangunan Manusia

Surabaya, Kabarindo- Laporan Pembangunan Manusia terbaru dari Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) menyebutkan lebih dari 90% negara mencatat penurunan skor Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2020 atau 2021 dan lebih dari 40% mengalami penurunan pada kedua tahun tersebut. Hal ini menandakan krisis semakin parah di banyak negara.

Berjudul Uncertain Times, Unsettled Lives: Shaping our Future in a Transforming World, laporan tersebut menyebutkan ketidakpastian menumpuk dan berinteraksi yang menimbulkan gejolak pada kehidupan dengan cara yang belum pernah terjadi. Dua tahun terakhir telah berdampak buruk terhadap miliaran orang di seluruh dunia, ketika krisis seperti Covid-19 dan perang di Ukraina terjadi secara berurutan serta berinteraksi dengan pergeseran sosial dan ekonomi yang luas, perubahan iklim dan peningkatan polarisasi secara besar-besaran.

Temuan laporan tersebut telah dibahas dalam dialog kebijakan berjudul Renewed Challenges, Exploring Solutions yang menghadirkan pembicara dari berbagai profesi termasuk Yanuar Nugroho, Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs, Dr. Riatu Mariatul Qibthiyyah, peneliti senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia, Devi Asmarani, Co-Founder Magdalene.co dan Butong Idar, seniman dari Jogja Disability Arts.

Dialog kebijakan mengeksplorasi isi laporan yang memberikan ukuran pencapaian negara dalam dimensi dasar kesehatan, pendapatan dan pendidikan. Laporan tersebut juga menampilkan peringkat terbaru dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau HDI, yang merupakan indeks gabungan indikator harapan hidup, pendidikan dan pendapatan per kapita yang digunakan untuk memperingkat negara dalam empat tingkatan pembangunan manusia.

Untuk pertama kalinya dalam 32 tahun, IPM yang mengukur tingkat kesehatan, pendidikan, dan taraf hidup di suatu negara, telah menurun secara global selama dua tahun berturut-turut.

Laporan itu juga mencatat bahwa dunia terhuyung-huyung dari krisis ke krisis, terjebak dalam siklus solusi sementara dan tidak mampu mengatasi akar masalah yang menghadang kita. Tanpa perubahan arah yang drastis, kita akan menuju lebih banyak kekurangan dan ketidakadilan.

Untuk memetakan arah baru, laporan tersebut merekomendasikan penerapan kebijakan yang berfokus pada investasi mulai dari energi terbarukan hingga kesiapsiagaan menghadapi pandemi dan asuransi/jaminan sosial termasuk perlindungan sosial, untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi naik turunnya dunia yang tidak pasti. Sementara inovasi dalam berbagai bentuknya -teknologi, ekonomi, budaya- juga dapat membangun kapasitas untuk menjawab setiap tantangan yang akan datang.

Wakil Kepala UNDP Indonesia, Sujala Pant, mengatakan saat melipat-gandakan pembangunan manusia, kita perlu berfokus pada apa yang disebut ‘tiga I’ untuk mengatasi periode ketidakpastian tersebut. Untuk mengatasi ketidakpastian, kita perlu melipat-gandakan pembangunan manusia dan berfokus lebih dari sekadar meningkatkan kesejahteraan atau kesehatan masyarakat.

“Kita perlu mengubah cara mengatasi tantangan lingkungan hidup melalui aksi iklim. Juga perlu meninjau kembali cara kita menangani tata kelola dan akses ke pelayanan publik. Untuk menghentikan polarisasi dalam masyarakat, kita perlu mengatasi misinformasi, mengembangkan ruang yang lebih inklusif dan membangun perdamaian yang lebih adaptif,” ujarnya pada Kamis (2/2/2023).

Laporan tersebut juga mencatat bahwa satu dari delapan orang di dunia menderita gangguan mental akibat meningkatnya stres yang didorong oleh ketidakamanan ekonomi, digitalisasi, kekerasan, perubahan iklim dan ketimpangan.

“Rasa ketidakadilan melanda masyarakat yang kaya maupun yang hidup di bawah garis kemiskinan, yang membuat masyarakat merasa tidak aman dan khawatir akan masa depan. Ini telah menyebabkan depresi dan masalah kesehatan mental seperti yang saya sebutkan. Selain itu, ada rasa tidak aman, tidak pasti dan rasa tidak percaya satu sama lain,” ujar Youth Officer UNDP Indonesia.