Vital! Kini Arab Saudi Gelar Festival Halloween di Jalanan Kota Riyadh

Vital! Kini Arab Saudi Gelar Festival Halloween di Jalanan Kota Riyadh

KABARINDO, RIYADH -  Negara Kerajaan Arab Saudi telah menyelenggarakan sebuah acara untuk merayakan festival Halloween yang pernah dilarang, dalam sebuah langkah bersejarah di saat Kerajaan konservatif itu ingin menerapkan reformasi sosial di bawah penguasa de-facto, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman.

Dijuluki "Scary Weekend", acara Halloween itu berlangsung pada Kamis dan Jumat, (27 dan 28 Oktober) di Boulevard Riyadh. Orang-orang yang bersuka ria mengenakan kostum menakutkan dan pakaian mewah dan berpose untuk foto-foto yang telah dibagikan secara luas di media sosial.

Acara ini diadakan sebagai bagian dari Riyadh Season yang sedang berlangsung di ibukota Arab Saudi itu, demikian diwartakan Middle East Monitor.

Namun, perayaan di Kerajaan yang telah lama digambarkan sebagai "ultra konservatif", telah menuai kritik dari beberapa pengguna media sosial Muslim. Banyak yang mengkritik Arab Saudi karena mengizinkan festival non-Muslim yang pernah dilarang, sementara yang lain menuduh pendirian agama Arab Saudi memiliki standar ganda dengan tidak mengizinkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Menurut Arab News, "Sementara Halloween telah lama dijauhi di Teluk, para peserta di acara tersebut menggambarkan acara itu sebagai bentuk hiburan yang tidak berbahaya."

"Ini adalah perayaan besar, jujur, dan ada semangat kegembiraan ... Dalam hal haram atau halal, saya tidak tahu tentang itu. Kami merayakannya hanya untuk bersenang-senang dan tidak ada yang lain. Kami tidak percaya pada apa pun," kata salah seorang peserta yang mengambil bagian dalam perayaan untuk pertama kalinya.

Sementara yang lain menjelaskan: "Tindakan didasarkan pada niat. Saya di sini hanya untuk bersenang-senang."

"Scary Weekend" adalah acara bertema kostum kedua yang diadakan di ibu kota. Acara serupa, pesta topeng berlangsung awal tahun ini di Riyadh Boulevard Riyadh City pada 17 dan 18 Maret dan digambarkan sebagai pesta kostum terbesar di Arab Saudi.

Sebuah laporan oleh New York Times menyarankan bahwa acara yang disponsori pemerintah itu diadakan secara strategis tepat sebelum Halloween, yang secara tradisional jatuh pada 31 Oktober agar tidak terlihat secara resmi memperingati festival yang memiliki akar pagan.