AS: Pil Anti COVID Merck Dapat Digunakan di Rumah

AS: Pil Anti COVID Merck Dapat Digunakan di Rumah

KABARINDO, WASHINGTON – Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) telah mengesahkan pil antivirus kedua untuk mengobati COVID-19 di rumah.

Obat itu, yang disebut Molnupiravir dan dibuat oleh Merck and Ridgeback Biotherapeutics, diminum dua kali sehari selama lima hari. Merck mengatakan akan memiliki 10 juta paket yang tersedia pada akhir bulan.

Pil antivirus baru ini benar-benar dapat mengubah cara orang mengobati infeksi COVID di rumah, karena satu-satunya pengobatan yang disetujui FDA untuk pasien COVID-19 yang tidak dirawat di rumah sakit adalah antibodi monoklonal, yang biasanya memerlukan infus intravena.

Badan tersebut juga mengizinkan perawatan Paxlovid Pfizer untuk COVID-19 pada hari Rabu (22/12).

"Otorisasi hari ini memberikan opsi pengobatan tambahan terhadap virus COVID-19 dalam bentuk pil yang dapat diminum secara oral," kata Dr. Patrizia Cavazzoni, direktur Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat FDA, Kamis (23/12).

“[Penggunaan] Molnupiravir terbatas pada situasi di mana perawatan lain yang diotorisasi FDA untuk COVID-19 tidak dapat diakses atau tidak sesuai secara klinis dan akan menjadi pilihan pengobatan yang berguna untuk beberapa pasien dengan COVID-19 yang berisiko tinggi dirawat di rumah sakit atau kematian,” tambahnya.

Obat ini bekerja dengan memasukkan mutasi ke dalam kode genetik virus SARS-CoV-2 untuk mencegahnya bereplikasi.

Baca juga: Ronapreve Disetujui Bersyarat Sebagai Obat Covid di Malaysia

Kontraindikasi

FDA tidak mengizinkan Molnupiravir untuk digunakan pada pasien di bawah 18 tahun karena obat tersebut dapat mengganggu pertumbuhan tulang dan tulang rawan.

Badan tersebut juga mengatakan obat tersebut tidak direkomendasikan untuk digunakan selama kehamilan karena penelitian pada hewan menunjukkan bahwa obat tersebut dapat membahayakan janin. 

FDA memperingatkan agar orang yang mungkin hamil untuk menggunakan metode pengendalian kelahiran yang andal saat menggunakan Molnupiravir sampai empat hari setelah dosis terakhir. 

Pria yang aktif secara seksual dengan wanita yang mungkin hamil disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi saat menggunakan Molnupiravir dan setidaknya tiga bulan setelah dosis terakhir.

Pil tersebut hanya tersedia dengan resep dokter, dan pengobatan harus dimulai sesegera mungkin setelah diagnosis COVID-19 dan dalam waktu lima hari sejak timbulnya gejala untuk mengobati penyakit ringan hingga sedang, kata FDA. ***(Sumber: NPR; Foto: Phillipine Star, Thaiger)