Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka Jalin Kerjasama, Galih: Kelak Pemain Asiana Bisa Merumput di Liga Jepang!

Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka Jalin Kerjasama, Galih: Kelak Pemain Asiana Bisa Merumput di Liga Jepang!

 

KABARINDO, JAKARTA - Salah satu klub raksasa Liga Jepang (J-League), Cerezo Osaka resmi menjalin kerja sama dengan salah satu sekolah sepak bola di Indonesia, Asiana Soccer School.

CEO Asiana Soccer School, Galih Dimuntur Karyasasmita mengungkapkan bahwa  kerja sama tersebut nantinya bisa memberangkatkan pemain Indonesia untuk berkarier alias abroad di Liga Jepang.

Galih melanjutkan, kerja sama tersebut memungkinkan Asiana Soccer School untuk mengirim siswa ke Cerezo Osaka. Para pemain akan menjalani trial selama 15 hari.

Jika ada siswa yang istimewa, bukan tidak mungkin talenta muda tersebut melanjutkan studi di Osaka. Adapun dalam  setahun, Asiana Soccer School dipersilahkan untuk tiga kali mengirim siswa, dengan dua pemain muda sekali kirim.

"Tujuannya saya ingin ada pemain Asiana yang bermain di Jepang, khususnya di Cerezo Osaka, dengan kerja sama sekarang, dan kita diperbolehkan mengirim tiga kali dalam setahun, dua anak per kiriman,” kata Galih dalam konferensi pers yang dihadiri Sportstars.id di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (4/7/2023).

“Mereka stay 15 hari, saya berharap salah satu sari 18 anak dalam tiga tahun itu masa sih gak ada yabg nyangkut di Osaka, berjenjang di Osaka dan membawa nama Indonesia,” imbuhnya.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyambut baik kerja sama tersebut. Dia menganggap kerja sama Cerezo Osaka dan Asiana Soccer School sejalan dengan blueprint sepak bola nasional, dimana pembinaan pemain muda harus dimulai dari akar rumput.

“Bahwa dengan kerja sama Asiana dan Cerezo Osaka, ini kan pengembangan grassroot, ada pengiriman enam pemain, ada coaching, tentu penggabungan sepak bola itu dari yang fundamental, dari bawah,” ujar Erick.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo yang mewakili pemerintah Indonesia  menyambut baik kerjasama antara sekolah sepakbola Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka  FC Jepang. 

"Pemerintah sangat mendukung pembinaan atlet usia dini sebagaimana dirintias oleh Asiana Soccer School dari usia 7 tahun. Kerjasama dengan Cerezo Oslaka FC Jepang juga ini menjadi langkah yang menarik, di mana dalam 1 dekade ini sepakbola Jepang patut diperhitungkan di Asia maupun Dunia," pungkas Dito.  Foto: Orie Buchori/Kabarindo.com