Bamsoet Optimistis GulaVit Jakarta Eprix 2023 Berlangsung Seru

Bamsoet Optimistis GulaVit Jakarta Eprix 2023 Berlangsung Seru

KABARIBDO, JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Tommy Winata menjamu para pembalap dan official team Formula E makan malam di Restoran Chao Chao Jakarta, Kamis (1/6). Selain sebagai jamuan, acara makan malam ini juga menjadi upaya mengenalkan cita rasa dan keistimewaan Indonesia melalui diplomasi kuliner.

Bamsoet menyampaikan para pembalap mengaku antusias dan senang selama berada di Jakarta. Teriknya matahari dan suhu yang cukup panas pun tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menampilkan performa terbaik.

Bahkan, kata Bamsoet, beberapa pembalap telah menyiapkan kolam renang mini, berendam air es, hingga memakai rompi pendingin agar stamina mereka tetap terjaga.

"Beberapa cara unik lainnya juga mereka lakukan untuk menikmati kegiatan jelang balapan. Dua pembalap dari tim Avalanche Andretti Formula E, Jake Dennis dan David Beckmann, meluapkan kegembiraannya dengan melakukan lomba makan kerupuk di depan paddock AGI Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol. Saya optimistis GulaVit Jakarta Eprix 2023 akan berlangsung seru dan sukses" ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (1/6/2023).

Sebagai Ketua Steering Committee GulaVit Jakarta Eprix 2023, Bamsoet menyebut perhelatan balap internasional ini menjadi ajang spesial karena berlangsung dengan format double header, yakni diselenggarakan dalam dua hari dan dua race.

GulaVit Jakarta Eprix 2023 juga diikuti 22 tim dan 22 pembalap dari berbagai negara dunia. Deretan pembalap ini termasuk Juara Dunia Formula E World Championship 2022, Stoffel Vandoorne; Juara II Dunia Formula E World Championship 2022 sekaligus Juara Jakarta Eprix 2022, Mitch Evans; serta Nick Cassidy yang saat ini masih memuncaki klasemen Formula E 2023 dengan raihan 121 poin.

"Kegiatan resmi para pembalap di lintasan sirkuit akan dimulai pada Jumat, 2 Juni Pukul 15.30 WIB dengan dilakukannya free practice. Dilanjutkan puncak balapan pada 3 dan 4 Juni, dengan jadwal yang sama yakni dimulai pukul 08.10 WIB dengan free practice, kemudian pukul 10.40 WIB kualifikasi, dan pukul 15.00 WIB race/balapan," jelas Bamsoet.

Pada ajang balap ini, lanjut Bamsoet, para pembalap akan menggunakan mobil balap listrik GEN3. Adapun mobil ini merupakan kendaraan balap listrik tercepat, teringan, dan paling kuat di dunia yang mampu mendukung performa efisiensi dan sustainability.

"Secara teknis, kondisi Jakarta dengan suhu yang cukup panas dan terik, menjadi tantangan bagi para pembalap dan crew. Mengingat suhu juga mempengaruhi kinerja baterai, sekaligus berpengaruh terhadap penurunan kapasitas selama menyelesaikan balapan. Mereka dituntut memiliki manajemen temperatur yang handal untuk menjaga baterai agar tidak overheat. Karena itu, balapan pada 3 dan 4 Juni nanti akan sangat seru dan sayang untuk dilewatkan," pungkas Bamsoet.

Diketahui, acara makan malam turut dihadiri Ketua OC GulaVit Jakarta Eprix 2023 Ananda Mikola, Co-Founder and Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo, Direktur Strategi Perencanaan Event Formula E Gemma Roura, Dewan Pembina IMI Pusat Robert Kardinal, Bendahara IMI Pusat Iwan Budi Buana, serta Direktur Sosial dan Lingkungan Hidup IMI Pusat Darma Mangkuluhur.

Sebelumnya, panitia bersama pembalap, organisasi Waste4Change, dan berbagai komunitas lainnya telah melakukan kerja bakti membersihkan kawasan Pantai Ancol, Kamis (1/6/2012).