Beberapa Negara Islam Deklarasikan Idul Fitri 1445H pada 10 April 2024, Ini Daftarnya!

Beberapa Negara Islam Deklarasikan Idul Fitri 1445H pada 10 April 2024,  Ini Daftarnya!

KABARINDO, RABAT – Beberapa negara Islam dan mayoritas penduduknya beragama Islam resmi mendeklarasikan hari Rabu (10/4/2024) sebagai hari pertama perayaan Idul Fitri pada tahun ini.

Negara-negara termasuk Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Irak, Palestina, Suriah, Mesir, Lebanon, Yaman, dan Unib Emirat Arab (UEA) telah mengonfirmasi bahwa Selasa (9/4/2024) menandai selesainya bulan suci Ramadhan, dan Rabu (10/4/2024) menjadi awal Idul Fitri.

Pengumuman ini muncul setelah otoritas dan komite agama di negara-negara tersebut berkumpul untuk membahas penampakan bulan sabit, sebuah peristiwa penting dalam kalender Islam yang menentukan dimulainya perayaan Idul Fitri.

Sementara itu, Kementerian Urusan Islam Maroko telah memastikan bahwa penampakan bulan sabit saat Idul Fitri akan dilakukan pada Selasa (9/4/2024).

Kementerian telah mendesak komite keagamaan dan perwakilannya untuk waspada dalam melihat bulan Syawal, yang menandai berakhirnya Ramadhan pada Selasa (9/4/2024) malam.

Idul Fitri, juga dikenal sebagai “Hari Raya Buka Puasa,” adalah salah satu hari raya keagamaan terpenting yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Ini menandai akhir Ramadhan, bulan puasa, shalat tarawih, dan refleksi.