BI Jatim Utamakan Calon Penukar yang Pesan di Aplikasi PINTAR

BI Jatim Utamakan Calon Penukar yang Pesan di Aplikasi PINTAR

BI Jatim Utamakan Calon Penukar yang Pesan di Aplikasi PINTAR

Perbaiki kualitas layanan drive thru penukaran uang

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur pada 25 Maret 2023 telah meluncurkan sejumlah layanan penukaran uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023.

Salah satu layanan penukaran yang difasilitasi BI bersama perbankan adalah mekanisme layanan penukaran uang tanpa turun dari kendaraan (drive thru). Layanan ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di halaman Kantor BI Jatim selama Ramadhan mulai 25 Maret – 16 April 2023.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto, mengatakan layanan ini disambut antusiasme masyarakat yang sangat besar. Kuota penukaran sebanyak 2.000 paket per hari terserap pada minggu pertama.

“Merespon tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan drive thru penukaran uang, BI Jatim berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan (service level) agar masyarakat dapat menukar dengan nyaman, aman serta mendapat kepastian layanan,” ujarnya pada Jumat (31/3/2023).

Ia menambahkan, berdasarkan evaluasi minggu pertama yang lalu, BI Jatim memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan drive thru penukaran uang pada periode 1-2 April 2023 dan minggu berikutnya.

BI Jatim mengutamakan calon penukar layanan drive thru yang telah memesan di aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id dengan kuota sebanyak 75% dari total layanan per hari. Pemesanan melalui PINTAR dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggu sepanjang kuota masih tersedia. Sebagai contoh, untuk layanan drive thru penukaran uang tanggal 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses sejak Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB.

BI Jatim juga menambah kuota penukaran 25% menjadi 2.500 penukar/ hari. Pada waktu yang sudah dipilih, penukar PINTAR datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out / screenshoot bukti pemesanan disertai KTP asli penukar. Jika penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal 3 bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP Asli penukar yang menitip. Layanan drive thru menerima penukaran secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS.

Masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui aplikasi PINTAR akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas, atau dapat mencoba pemesanan PINTAR periode minggu berikutnya.

Masyarakat juga dapat melakukan penukaran di outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang dengan jadwal Selasa - Kamis pukul 08.30 – 11.30 WIB di bank umum, sedangkan di BPR pada Senin dan Jumat pukul 08.30 – 11.30 WIB.