Bintang Serial Netflix 'Tiger King' Joe Exotic Divonis 21 Tahun Penjara

Bintang Serial Netflix 'Tiger King' Joe Exotic Divonis 21 Tahun Penjara

KABARINDO, JAKARTA- Bintang serial Netflix Tiger King Joe Exotic dihukum 21 tahun penjara pada Jumat (28/1) atas tuduhan menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi aktivis pencinta hewan Carole Baskin. 
Hukuman berkurang satu tahun meskipun ia memohon pengadilan untuk mengurangi hukumannya supaya dapat memulai perawatan kanker prostat stadium awal yang tengah dideritanya.
Sesaat setelah menerima vonis, ia meminta belas kasihan kepada hakim.

"Tolong jangan membuatku mati di penjara sambil menunggu kesempatan untuk bebas," katanya sambil menangis kepada seorang hakim federal seperti dikutip dari AP, Sabtu (29/1).

Joe Exotic, yang bernama asli Joseph Maldonado-Passage merupakan mantan penjaga kebun binatang. Ia dijatuhi hukuman 22 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah karena mencoba membayar dua pria untuk membunuh aktivis pencinta hewan Carole Baskin.

Rencana pembunuhan dilakukan karena Carole Baskin yang memiliki tempat perlindungan untuk kucing besar di Florida telah mengkritik perlakuan Maldonado-Passage terhadap hewan.

Sebuah panel dari US Circuit Court of Appeals Ke-10 sepakat menjatuhkan vonis 22 tahun penjara kepada Maldonado-Passage karena mereka satu keyakinan soal rencana pembunuhan Baskin. 

Jaksa mengatakan Maldonado-Passage menawarkan US$10 (setara Rp144 juta) kepada agen FBI yang menyamar untuk membunuh Baskin pada Desember 2017. Dalam sebuah rekaman, dia memberitahu agen itu, "Ikuti  dia saja ke tempat parkir mal dan bunuh dia lalu pergi," katanya dalam rekaman itu.

Sementara itu, pengacara Maldonado-Passage mengatakan kliennya tidak serius dengan perintah itu.
Selain tuduhan pembunuhan, Maldonado-Passage, yang bersikukuh tak bersalah juga dihukum karena membunuh lima harimau, menjual anaknya, dan memalsukan dokumen satwa liar.

Bersyukur
Sementara itu Baskin dan suaminya, Howard Baskin yang menghadiri persidangan itu bersyukur atas vonis yang diberikan hakim. Meskipun demikian, ia mengaku merasa takut Maldonado-Passage dapat mengancamnya lagi.
"Dia terus memendam perasaan buruk yang kuat terhadap saya," katanya kepada hakim.

Baskin mengatakan meski Maldonado-Passage di penjara, dia mengaku masih terus menerima ancaman keji, kasar selama dua tahun terakhir. Dia mengatakan kepada hakim bahwa dia yakin Maldonado-Passage dapat menjadi ancaman yang lebih serius baginya. Sebab dia kini memiliki jumlah pendukung yang lebih besar karena popularitasnya dari serial Netflix.

 

Sumber: CNNIndonesia

Foto: DNA India