BMKG: Gempa Bumi M5,0 Guncang Bogor

BMKG: Gempa Bumi M5,0 Guncang Bogor

KABARINDO, JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan magnitudo M5,0 mengguncang Cigudeg, Bogor, Jawa Barat pada Minggu (15/1/2023) pukul 03.32 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo M4,7. 

"Adapun, episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,52° LS ; 106,58° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Cigudeg, Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 146 km," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui pesan singkatnya, Minggu.

Daryono menjelaskan bahwa dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Bogor tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," tambahnya.

Berdasarkan informasi yang diterima BMKG, guncangan gempa terasa di daerah Cikeusik, Bogor, dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Kemudian, guncangan juga dirasakan daerah Jasinga, Bogor, dengan skala intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.