Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan, 100 Jamaah Tewas!

Bom Bunuh Diri di Masjid Pakistan, 100 Jamaah Tewas!

KABARINDO, PESHAWAR - Korban meninggal telah bertambah menjadi 100 orang setelah pemboman bunuh diri masjid yang menargetkan polisi di kota Peshawar di Pakistan.

Ledakan masjid itu terjadi pada Senin (30/1/2023) sekitar pukul 13:30 (08:30 GMT) selama salat Ashar.

Dikutip BBC, seluruh dinding bangunan runtuh, dan masjid ditutupi batu bata dan puing-puing saat orang-orang memanjat puing-puing untuk melarikan diri.

Masjid berada dalam zona keamanan tinggi dan penyelidikan sedang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaku bom masuk.

Serangan ini menjadi salah satu yang paling berdarah di Pakistan selama bertahun-tahun dan menyebabkan lebih banyak orang terluka.

Klaim Taliban Pakistan telah melakukan pengeboman itu kemudian dibantah oleh kelompok militan, yang menyalahkan faksi sempalan.

Di masa lalu Taliban Pakistan telah menahan diri untuk tidak mengklaim beberapa serangan terhadap masjid, sekolah atau pasar karena mereka mengatakan bahwa mereka berperang dengan pasukan keamanan dan bukan dengan rakyat Pakistan, tetapi banyak yang meragukan penolakan tersebut.

Pada Selasa (31/1/2023), penyelamat bergegas untuk mengambil jemaah yang terkubur di reruntuhan, mengeluarkan sembilan orang hidup tetapi menemukan lebih banyak korban meninggal.

BBC melihat ambulans berlomba masuk dan keluar dari kompleks setiap beberapa menit.

Lebih dari 50 orang terluka, beberapa di antaranya kritis.

Sementara itu, pemakaman telah dilakukan untuk lebih dari 20 petugas polisi, peti mati mereka dibungkus dengan bendera Pakistan. Sebagian besar korban tewas adalah anggota pasukan keamanan.

Ratusan orang memadati pemakaman Irfan Ullah, inspektur polisi yang tewas dalam ledakan itu. Hanya beberapa hari sebelumnya, dia selamat dari serangan lain - penyergapan di mana beberapa rekannya tewas.

Keamanan bersenjata menjaga doa. Beberapa hadirin menangis pelan.

Pak Ullah meninggalkan seorang istri dan lima orang anak. Di sisi kuburan, saudara laki-lakinya, Muhammed Zahid, menggambarkan kepedihan keluarga itu.

"Ketika kami pertama kali mendengar ada ledakan, kami mulai memanggilnya," kata Muhammad kepada BBC.

Telepon berdering yang awalnya memberi kami harapan. Tetapi ketika kami bertanya kepada polisi, mereka memberi tahu kami bahwa dia telah dibunuh. Mayat keempat yang saya lihat adalah miliknya,” lanjutnya.

"Dia baik hati, ramah, siap membantu orang lain. Dia juga pemberani, dia tidak pernah takut pada apa pun. Kami selalu menyuruhnya untuk berhati-hati, tetapi dia biasa menjawab: 'Tidak, ini tugas saya'. Ini adalah kehilangan besar bagi keluarga kami,” ujarnya.

Kepala polisi Peshawar Muhammad Ijaz Khan sebelumnya kepada media setempat mengatakan antara 300 dan 400 petugas polisi berada di daerah itu pada saat itu.

Masjid tersebut berada di salah satu daerah yang paling banyak dikontrol di kota tersebut, yang meliputi markas polisi dan kantor intelijen dan anti-terorisme. Pada Selasa (31/1/2023), media lokal berbaris di jalan di luar gerbang - jalan terdekat yang diizinkan oleh keamanan. Foto: BBC