Breaking News: Kebakaran Hutan di Hawaii 89 Orang Tewas Kemungkinan Masih Terus Bertambah

Breaking News: Kebakaran Hutan di Hawaii 89 Orang Tewas Kemungkinan Masih Terus Bertambah

KABARINDO, HAWAII – Dukungan ahli tambahan telah dikerahkan ke Hawaii, di mana pekerjaan forensik terus dilakukan untuk menemukan korban kebakaran hutan yang menghancurkan.

Sedikitnya 89 orang diketahui telah meninggal tetapi ada kekhawatiran jumlah ini akan terus meningkat, dengan ratusan masih belum ditemukan.

Banyak lagi yang tetap berada di tempat penampungan darurat setelah melarikan diri dari kobaran api.

Upaya pemadaman kebakaran berlanjut di beberapa bagian pulau Maui, termasuk di sekitar kota Lahaina yang hancur.

Jeremy Greenberg, seorang pejabat senior di Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA), mengatakan kepada BBC bahwa dukungan tambahan yang dikirim termasuk pencarian dan penyelamatan perkotaan, dan tim pemadam kebakaran.

"Prioritas nomor satu mutlak adalah keselamatan orang yang selamat," katanya.

Greenberg menambahkan bahwa sementara hampir 1.000 orang masih belum dihubungi, beberapa di antaranya mungkin aman tetapi di luar jangkauan karena sejumlah alasan.

Sementara itu, anjing pelacak yang dilatih untuk mendeteksi mayat telah mencari tanda-tanda mayat di bawah reruntuhan di Lahaina.

Ada juga laporan tentang mayat yang ditemukan di sekitar pelabuhan setempat, tempat orang-orang ditarik keluar hidup-hidup.

Diperkirakan lebih dari 2.000 bangunan telah rusak atau hancur sejak kebakaran terjadi awal pekan ini. Sebagian besar adalah rumah di daerah Lahaina.

Jalan utama menuju Lahaina sempat dibuka kembali untuk warga pada Sabtu (12/8/2023), sebelum segera ditutup kembali.

Jalan Kahakuloa terbuka, tetapi penduduk setempat mengatakan terlalu berbahaya untuk mencoba mengemudi ke arah itu. Jalan - di sini hanya dikenal sebagai "jalan belakang" ke Lahania - hampir tidak cukup lebar untuk satu mobil, memiliki banyak tikungan tajam, dan turunan yang curam.

"Kami tidak bisa mengemudikan truk ini ke sana. Itu tebing," kata warga Ruth Lee yang terjebak kemacetan mencoba membawa perbekalan untuk keluarganya yang tertinggal.

Warga sangat marah dengan keputusan untuk menutup jalan utama bagi para penyintas yang berpotensi menjadi tunawisma.

Ratusan orang yang melarikan diri dengan bukti tempat tinggal mereka sedang menunggu di lalu lintas, berharap mereka akan diizinkan lewat. Tetapi dengan antrean mobil yang membentang sekitar satu mil, dan berita bahwa jalan ditutup kembali, mereka tidak tahu apakah mereka akan dipaksa untuk berbalik.

Liz Germansky, yang kehilangan rumahnya dalam kebakaran itu, marah atas tanggapan tersebut. "Pemerintah menghalangi orang untuk membantu," katanya, sambil duduk di antrian lalu lintas yang sama.

Gubernur Hawaii Josh Green mengatakan kebakaran itu adalah "bencana alam terbesar dalam sejarah negara bagian Hawaii".

Menurut Pusat Bencana Pasifik (PDC) dan FEMA, yang mengoordinasikan upaya bantuan ke Hawaii dari Washington, biaya untuk membangun kembali Maui diperkirakan mencapai USD5,5 miliar .

"Kami adalah orang-orang kuat, kami akan baik-baik saja," kata salah seorang penduduk setempat, Lars Johnson, kepada CBS News.

"Kami akan melakukan apa yang kami bisa untuk membangun kembali. Dan itu akan kembali dan itu akan menjadi lebih besar dan itu akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya,” lanjutnya.

Pilot helikopter Richard Olsten telah terbang di atas Maui dan mengatakan kepada BBC bahwa sebagian besar kapal di pelabuhan telah terbakar dan tenggelam.

Bangunan bersejarah, gereja, gedung misionaris dan sebagainya - semuanya hilang," katanya.

"Area wisata utama di mana semua toko dan restoran berada, jalan depan yang bersejarah - semuanya terbakar habis,” ujarnya.

Kelompok-kelompok lokal telah mencoba mengatur makanan, air, dan tempat berlindung bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal dengan bantuan organisasi seperti Palang Merah Amerika.

Juru bicara nasional mereka, Todd James, mengatakan bahwa sementara fokus saat ini adalah memberikan dukungan kepada para penyintas, mereka pada akhirnya akan membantu penilaian kerusakan dan mendistribusikan persediaan darurat untuk membantu pembersihan.

Selain menerima bantuan, orang-orang yang berakhir di tempat penampungan darurat yang telah disiapkan juga dapat memindai kode QR di ponsel mereka untuk melaporkan bahwa mereka aman dan memberi tahu pihak berwenang bahwa seseorang yang mereka kenal hilang.

Wartawan BBC News Helena Humphrey, yang pernah berada di salah satu fasilitas itu, mengatakan suasana semakin sedih ketika jumlah korban tewas terus meningkat.

Skippy Bailey, yang merupakan direktur regional untuk perusahaan ambulans udara Hawaii Life Flight, mengatakan dukungan yang diterima Maui dari pulau-pulau lain dan daratan AS "luar biasa".

Namun dia menambahkan bahwa tugas yang dihadapi "menakutkan" karena upaya koordinasi yang akan dilakukan untuk membawa mereka yang sangat membutuhkan perawatan ke tempat yang dapat menerimanya.

Yang memperumit tugas adalah kenyataan bahwa jaringan telepon dan listrik masih terganggu di beberapa daerah.

Jaksa Agung Hawaii telah mengumumkan "peninjauan komprehensif" tentang bagaimana pihak berwenang menanggapi kebakaran hutan.

Itu muncul ketika pertanyaan meningkat tentang apakah pejabat memperingatkan penduduk dengan cukup cepat dan apakah ada kekurangan dalam sistem peringatan dini.

Hawaii Electric, utilitas yang menyediakan layanan bagi 95% penduduk Hawaii, telah dikritik karena tidak mematikan aliran listrik - meskipun ada peringatan bahwa angin kencang dapat menimbulkan kondisi kebakaran yang berbahaya.

Foto AP