Duolingo English Test Bantu Lebih dari 10.000 Siswa Mendaftar Beasiswa pada 2022

Duolingo English Test Bantu Lebih dari 10.000 Siswa Mendaftar Beasiswa pada 2022

Duolingo English Test Bantu Lebih dari 10.000 Siswa Mendaftar Beasiswa pada 2022

Surabaya, Kabarindo-Antusiasme generasi muda untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri melalui beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Indonesia (LPDP), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan lembaga beasiswa lainnya meningkat dari tahun ke tahun.

LPDP mencatat terdapat 17.621 penerima beasiswa LPDP pada 2022, sementara menurut informasi pada laman Kemendikbud, IISMA berhasil memberangkatkan 1,565 mahasiswa untuk melanjutkan studi di 27 negara pilihan.

Untuk mengakomodir tingginya minat pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, kedua institusi tersebut kembali menawarkan program beasiswa tahun 2023 yang dibuka pada Februari ini. Beasiswa ini terbuka bagi mahasiswa S1 maupun D3 yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan beasiswa. Selain dokumen pendukung seperti surat rekomendasi dan surat motivasi, hal lain yang perlu diketahui adalah akreditasi dari kampus peserta beasiswa di Indonesia. Pastikan universitas terakreditasi A atau B, karena akan mempengaruhi kualitas sertifikat yang dimiliki. Hal penting lainnya adalah memiliki skor bahasa Inggris yang baik. Selain menggunakan tes standar seperti TOEFL iBT dan IELTS, pada 2022, banyak universitas di dunia, serta IISMA dan LPDP saat ini menggunakan tes kecakapan bahasa Inggris baru, yaitu Duolingo English Test (DET). IISMA menggunakan DET untuk jalur vokasi (VHE) dan sarjana, sedangkan LPDP menggunakan DET khusus untuk Beasiswa Daerah Afirmasi, Pra-Sejahtera, Putra Putri Papua (Mahasiswa Papua), guna membantu meningkatkan prospek dan kesempatan mendapatkan beasiswa di seluruh Indonesia.

Lebih dari 4,000 universitas di seluruh dunia menerima DET, termasuk beberapa universitas terkemuka di dunia seperti Australian National University, Cornell, Duke, Columbia, Imperial College London, McGill, MIT, Northeastern, NYU, Penn, Chicago University, USC dan Yale.

DET telah membantu lebih dari 10,000 pelajar Indonesia dalam mengajukan beasiswa seperti IISMA dan LPDP pada 2022. Berbeda dari test pada umumnya, DET dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, termasuk di rumah, selama terdapat koneksi internet yang stabil. Para peserta tes tidak lagi harus bepergian ke kota lain, hanya untuk mengikuti tes bahasa Inggris. Biaya DET juga terjangkau, kurang dari 1/5 biaya tes tradisional, sebesar 49 dollar AS atau sekitar Rp.735.000 jika menggunakan kurs Rp.15.000/1 dollar. Tes ini menawarkan pengalaman lebih baik, hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk diselesaikan, dan hasil tes akan diterima kurang dari 2 hari.

Untuk membantu siswa memenuhi persyaratan beasiswa, DET mengadakan webinar terkait best practice dalam mengikuti DET. Webinar sesi pertama telah berlangsung pada Desember tahun lalu dengan dukungan dari IISMAeVO dan berhasil menarik minat lebih dari 500 mahasiswa untuk berpartisipasi. Mengikuti kesuksesan webinar sebelumnya, Duolingo akan mengadakan webinar kedua pada 6 Februari 2023 untuk berbagi best practice dalam menggunakan DET kepada audiens yang lebih luas. Semua mahasiswa diploma maupun sarjana dapat mengikuti webinar tersebut.

Carrie Wang, Head of the Duolingo English Test & Regional Business Lead Asia, mengatakan pada Sabtu (4/2/2023), pihaknya senang melihat tanggapan positif dari webinar sesi pertama. Pihaknya ingin memperkuat komitmen ini untuk membantu ribuan siswa di seluruh Indonesia dalam mencapai impian mereka.

Duolingo dirancang untuk membantu pengguna belajar bahasa dengan mudah dan nyaman, terutama bagi pengguna yang ingin belajar di luar negeri di negara mana pun. Melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Duolingo, antara lain Duolingo English Test (DET) diharapkan dapat membantu pengguna untuk mewujudkan impian belajar di luar negeri dan mulai mengambil langkah awal untuk membangun karir di masa depan.