Duta Besar RI Lutfi Rauf: Peran ASFA Foundation Sangat Membantu Mahasiswa yang Menimba iImu di Mesir

Duta Besar RI Lutfi Rauf:  Peran ASFA Foundation Sangat Membantu Mahasiswa yang Menimba iImu di Mesir

KABARINDO, JAKARTA - Duta Besar RI di Mesir, Lutfi Rauf mengakui peran ASFA Foundation sangat membantu mahasiswa yang menimba ilmu di Mesir.

Hal tersebut diutarakan Lutfi saat menjamu rombongan ASFA Foundation di Wisma KBRI di Kairo Mesir yang memulai kunjungan ke Mesir, pada Jumat (4/8/2023).

Rombongan ASFA Foundation sendiri dipimpin langsuhg oleh  Chairman ASFA Foundation Komjen Pol Purn Dr H Syafruddin Kambo MSI.

Saat ini Terdapat sekitar 14.000 pelajar indonesia yang sedang menuntut ilmu di Mesir. Sebagian besar terdaftar sebagai mahasiswa S-1 dan S-2 di Universitas Al Azhar Kairo yang kesohor.

“Meski masa pandemi melanda dunia, dalam 3 tahun terakhir tren jumlah pelajar Indonesia ke mesir terus naik. Hampir 6 ribu per tahun. Dukung fasilitas dan komitmen pemerintah di Mesir makin bagus begitu pula minat pendidikan di tanah air,” kata Lutfi.

ASFA Foundation telah menyalurkan lebih 100 ribu penerima manfaat. Khusus pendidikan 990 siswa yang ada di 49 PT baik swasta maupun negeri di nusantara. Sementara di LN ada 8 negara dicover. 

ASFA juga menyalurkan bantuan kepada 200 pesantren di Indonesia. Ikut dalam rombongan di antaranya Irjen Pol (Purn) Nandang Aman, Irjen Pol (Purn) Mas Guntur Laupe, Irjen Pol (Purn) Nur Windiyanto, Brigjen Pol Dr. Awal Chairuddin, Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi. Prof. Dr. Sangidu Asofa, KH. Anang Rikza, MA., Ph.D, Dr. Abdul Hafid Zaid, Prof. Dr. Zakir Sabara, dan Buyung Wijaya Kusuma.

Ketua Yayasan ASFA, Komjen Pol Purn Dr H Syafruddin Kambo MSI dalam sambutannya mengatakan bahwa ASFA senantiasa siap membantu mahasiswa Indonesia di luar negeri, terutama yang berprestasi tetapi kurang mampu.

"ASFA bekerja sama dengan pesantren-pesantren dalam menjaring atau menyalurkan bantuannya kepada mahasiswa yang akan menjadi calon-calon pemimpin di masa depan," jelasnya.

Pada kesempatan iti juga,, Lutfi  Rauf mengutarakan hasil pertemuan dirinya dengan Grand Syeikh Al Azhar beberapa waktu lalu. Di mana orang nomor satu pada lembaga pendidikan terbesar di Mesir memuji mahasiswa Indonesia karena memiliki kemampuan akademis yang tinggi dan sekaligus akhlak yang baik dalam pergaulan di kampus. Foto: Istimewa