Efektif Promosikan Produk Via Platform Video Pendek, Pelaku UMKM Meningkat

Efektif Promosikan Produk Via Platform Video Pendek, Pelaku UMKM Meningkat

Efektif Promosikan Produk Via Platform Video Pendek, Pelaku UMKM Meningkat

Surabaya, Kabarindo- SnackVideo, salah satu platform media sosial video pendek, membuka peluang terciptanya kolaborasi dengan individu, komunitas dan dunia usaha, termasuk UMKM.

Kolaborasi tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan SnackVideo untuk meningkatkan jumlah wirausahawan atau pelaku UMKM di Indonesia.

Menurut data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada 2022, tingkat kewirausahaan di Indonesia masih berada di angka 3,47% dari total penduduk Indonesia. Padahal pemerintah memiliki target pertumbuhan wirausaha mencapai jumlah ideal 3,95% dari total penduduk Indonesia pada 2024, sesuai dengan yang tertulis dalam Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi antara pemangku kepentingan dengan banyak pihak guna mendorong wirausaha Indonesia dapat tumbuh dan berkembang sesuai target.

Salah satu bentuk kolaborasi yang telah dilakukan oleh SnackVideo dengan pemangku kepentingan UMKM adalah kolaborasi dengan SMESCO Indonesia dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia untuk pelaksanaan Indonesia Digital MeetUp 2023. Ajang yang telah berlangsung pada 5-6 Oktober 2023 lalu di SMESCO Indonesia Exhibition & Convention Hall, Jakarta, ini diikuti oleh lebih dari 3.000 calon pelaku serta pelaku UMKM.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia, mengatakan pemerintah mendorong terjadinya kolaborasi yang kuat antara pemangku kepentingan UMKM dengan penyedia platform digital. Digitalisasi UMKM merupakan salah satu cara penting agar UMKM bisa naik kelas atau scale up. Karena itu, pihaknya mengapresiasi dukungan SnackVideo sebagai platform video pendek di Digital MeetUp 2023.

“Sesi talkshow dengan peserta tentang pemanfaatan SnackVideo dalam strategi digital marketing diharapkan dapat memberi dorongan bagi para pelaku UMKM untuk segera melakukan digitalisasi agar bisnis mereka dapat naik kelas,” ujarnya pada Minggu (5/11/2023).

Upaya SnackVideo untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM berlangsung sejak kehadirannya di Indonesia, terutama lewat penggunaan video pendek dalam strategi promosi dan marketing. Dengan strategi promosi yang tepat, penggunaan video pendek dapat menjadi cara efektif untuk menjangkau target market. Apalagi dalam tiga tahun terakhir, jumlah masyarakat Indonesia yang mengakses platform video pendek meningkat pesat.

“Kami ingin pelaku UMKM bisa terus maju dan naik kelas lewat pemanfaatan digital marketing, terutama lewat konten video pendek yang saat ini happening. SnackVideo dapat menjadi platform video pendek yang tepat untuk mempromosikan bisnis mereka, karena ada 43 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di seluruh Indonesia, didominasi oleh generasi millenial dan Gen-Z,” ujar Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia.

Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam implementasi marketing campaign yang sukses, sehingga penjualan produk mereka dapat meningkat.

Semakin banyak pelaku UMKM yang menjadikan SnackVideo sebagai platform untuk mempromosikan produk. Selama kuartal III (Juli-September) 2023, tercatat peningkatan jumlah UMKM yang mempromosikan produk sebesar 135%. Peningkatan ini terjadi karena semakin banyak pelaku UMKM yang melihat platform video pendek efektif dalam mempromosikan produk. Ini karena karakteristik konten video pendek relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

“Saat ada pelaku UMKM yang ingin mempromosikan bisnisnya, tim kami akan membantu agar strategi promosi bisa tepat sasaran. Misalnya, dengan membantu memilihkan para pengguna SnackVideo dengan demografi yang paling tepat untuk UMKM yang menjadi klien kami, di antaranya adalah usia, jenis kelamin dan geografi. Kami juga memastikan tim kami sigap dan cepat memberi solusi dan masukan bagi klien jika menghadapi kendala, sehingga promosi berjalan efektif dan klien puas dengan layanan yang kami berikan,” jelas Dina.

Herry Nugraha dari PT Erhanesia Digima Mukitama (Erdigma), mengatakan ada berbagai keuntungan yang telah mereka dapatkan selama melakukan promosi lewat SnackVideo, Pihaknya bisa menjangkau pasar potensial dari seluruh pelosok Indonesia secara efektif dengan biaya yang relatif terjangkau.

Bagi pelaku UMKM yang ingin menerapkan strategi digital marketing dan melakukan promosi bisnis, yang harus dilakukan pertama adalah aktif membuat konten yang menarik dan relevan dengan produk yang dijual. Kedua, harus mengetahui waktu yang paling tepat untuk mengunggah konten video pendek sesuai dengan target marketnya. Ketiga, lebih sering melakukan live streaming dan aktif berkomunikasi dengan followers, terutama pada followers yang bertanya mengenai produk yang ditawarkan. Keempat, bisa mengunggah ulang (repost) testimoni yang diberikan oleh konsumen, sehingga hal ini dapat meningkatkan consumer trust terhadap produk.