FBI Sita 184 Dokumen Rahasia dalam Penggerebekan Rumah Mewah Donald Trump

FBI Sita 184 Dokumen Rahasia dalam Penggerebekan Rumah Mewah Donald Trump

KABARINDO, FLORIDA – Menurut dokumen pengadilan yang baru dirilis Biro Investigasi Federal (FBI) mengatakan kepada hakim bahwa mereka berharap menemukan "bukti penghalang" keadilan saat penggeledahan rumah mantan Presiden Donald Trump di Florida, Amerika Serikat (AS).

Penyelidik mengatakan file rahasia telah disimpan di Mar-a-Lago bersama dengan berbagai macam surat kabar dan majalah.

Departemen kehakiman mengatakan pihaknya menyensor pernyataan tertulis untuk melindungi "sejumlah besar saksi sipil".

Pada Jumat (26/8/2022), Departemen Kehakiman AS merilis versi pernyataan tertulis yang digunakan untuk membenarkan serbuan FBI ke perkebunan Mar-a-Lago milik Trump pada 8 Agustus lalu, tetapi telah banyak diedit.

Mengingat bahwa dokumen pengadilan diajukan sebelum penggeledahan perkebunan Palm Beach, tidak ada rincian baru tentang 11 set dokumen rahasia yang menurut departemen kehakiman ditemukan dari klub golf eksklusif.

Agen FBI yang menyusun affidavit menulis bahwa mereka memiliki "kemungkinan penyebab" untuk percaya bahwa "bukti, selundupan, buah kejahatan atau barang-barang lain yang dimiliki secara ilegal" akan ditemukan.

"Ada juga kemungkinan penyebab untuk percaya bahwa bukti obstruksi akan ditemukan di tempat itu," tambah agen itu, dikutip BBC.

Dokumen tersebut menunjukkan bahwa penyelidikan kriminal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap seorang mantan presiden dimulai setelah Arsip Nasional, yang menyimpan catatan bersejarah Gedung Putih, mengidentifikasi "banyak" file rahasia di antara 15 kotak yang telah ditemukan dari Mar-a-Lago pada Januari tahun ini.

FBI juga telah menemukan 184 dokumen rahasia, termasuk 25 yang ditandai sebagai "Sangat Rahasia".

Departemen kehakiman diketahui melakukan penyelidikan atas dugaan penanganan dokumen rahasia dan catatan presiden di Mar-a-Lago. Bahkan dengan semua redaksi, gambar yang diungkap seharusnya mengkhawatirkan Donald Trump dan rekan-rekannya.

Ini adalah penyelidikan kriminal yang serius.

Ini bukan hanya tentang siapa yang dapat menyimpan beberapa kenang-kenangan dan suvenir presiden - ini menyangkut keamanan rahasia pemerintah AS yang dijaga ketat - yang melibatkan pengumpulan intelijen manusia, pengawasan asing, dan mungkin bahkan pengawasan yang diizinkan pengadilan terhadap warga AS.

Trump telah mengalami berbagai macam masalah hukum sejak kepergiannya yang kacau dari Gedung Putih pada Januari 2021.

Setelah penggeledahan rumah Mar-a-Lago, dan pengungkapan berikutnya, penyelidikan ini mungkin telah naik ke urutan teratas daftar.

Cache termasuk informasi dari sumber intelijen AS yang sangat sensitif. Beberapa barang juga ditandai "Noforn" - artinya tidak boleh dilepaskan ke warga negara asing.

File - beberapa di antaranya tampaknya menunjukkan catatan tulisan tangan Trump - diselingi dengan surat kabar, majalah, dan dokumen lainnya, menurut pernyataan tertulis.

"Kekhawatiran yang paling signifikan adalah bahwa catatan yang sangat rahasia dibuka, bercampur dengan catatan lain dan diidentifikasi secara tidak benar," kata dokumen itu.

Penemuan itu membuat para penyelidik percaya bahwa Trump mungkin telah melanggar tiga undang-undang federal yang terpisah, termasuk Undang-Undang Spionase yang mengatur informasi rahasia.

Dari 38 halaman dalam affidavit yang tidak disegel, 21 halaman sebagian besar atau seluruhnya dihitamkan. Ada beberapa halaman di mana tidak ada satu kata pun yang terlihat.

Sebuah dokumen terpisah yang menjelaskan usulan redaksi mencatat bahwa beberapa bagian dari surat pernyataan harus tetap dimeteraikan untuk "melindungi keamanan dan privasi saksi sipil, selain personel penegak hukum, serta untuk melindungi integritas penyelidikan yang sedang berlangsung".

Mengungkap identitas saksi, dokumen itu menambahkan, berpotensi menyebabkan mereka menjadi sasaran kerugian termasuk "pembalasan, intimidasi, atau pelecehan dan bahkan ancaman terhadap keselamatan fisik mereka".

Lalu, bagaiaman reaksi Trump? Trump - yang mungkin akan meluncurkan kampanye Gedung Putih lainnya untuk 2024 - bereaksi dengan marah di platform media sosialnya, Truth Social.

Trump mengatakan penyelidikan itu dipimpin oleh "Peretas dan Preman politik".

Dia mengatakan bahwa Hakim Bruce Reinhart, yang menandatangani penggeledahan, seharusnya tidak pernah mengizinkan "pembobolan rumah saya". Trump juga menuduh hakim memiliki "permusuhan" terhadapnya.

Dia telah menyatakan bahwa dia telah memerintahkan semua dokumen untuk dideklasifikasi.

Penyelidikan departemen kehakiman sekarang diperkirakan akan berlanjut secara tertutup karena terus meninjau dokumen dan - berpotensi - memanggil lebih banyak saksi.

Publik mungkin tidak mendengar dari jaksa tentang penyelidikan sampai keputusan telah dibuat tentang apakah itu akan menghasilkan tuntutan pidana.