Festival Kopi, Cara Disperindag Jabar Dorong Kopi Bermutu Tinggi

Festival Kopi, Cara Disperindag Jabar Dorong Kopi Bermutu Tinggi

KABARINDO, BANDUNG - Festival kopi dijadikan cara oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat (Disperindag Jabar) untuk mendorong munculnya kopi bermutu tinggi.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Moh Arifin Soedjayana.

Arifin mengucapkan itu dalam acara festival kopi bertajuk Coffee Festival Cup of Excellent 2022 di salah satu pusat perbelanjaan Bandung.

"Dari Jabar untuk Indonesia" adalah tema festival ini, dan merupakan gelaran tahun kedua.

"Komoditas kopi specialty Jawa Barat terus ditingkatkan seiring dengan makin terbukanya pasar kopi baik di dalam negeri maupun memenuhi kebutuhan ekspor," kata Arifin.

"Jadi festival kopi ini diselenggarakan yang kedua kalinya bekejasama dengan SCAI dan Bank Indonesia perwakilan Jawa Barat. Festival pertama digelar pada 2019 lalu."

Tak Hanya Pameran

Dalam festival ini, juga ada acara lelang kopi sampai komeptisi Cup of Excelence (COE).

"Tujuan Coffee Festival Cup of Excellent 2022 untuk meningkatkan kualitas kopi Indenesia khususnya petani Jawa Barat, membentuk industri kopi yang berkelanjutan, integritas dan transparan, serta mengoptimalkan permintaan ekspor kopi Indonesia," kata Arifin.

Ekspor kopi Indonesia memang tinggi. Tahun 2020 mencapai 821 juta dolar AS, sedangkan tahun lalu turun jadi 763 juta dolar AS.

Sedangkan di festival kopi ini, pesertanya sudah diseleksi mulai bulan Maret 2021 lalu.

"Untuk peserta yang mengikuti pameran ini adalah COE Indonesia 2021 Winner sebanyak 32 Petani Kopi berasal dari delapan provinsi se-Indonesia yaitu Jawa Barat, Aceh, Bali, Jambi, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan," kata Arifin.

Sumber: Antara
Foto: Antara