FIFGROUP Hijaukan Bumi Targetkan Tanam 34.000 Bibit Pohon Tahun ini

FIFGROUP Hijaukan Bumi Targetkan Tanam 34.000 Bibit Pohon Tahun ini

FIFGROUP Hijaukan Bumi Targetkan Tanam 34.000 Bibit Pohon Tahun ini

Tanam 500 bibit pohon mangrove di hutan mangrove terluas se-Asia Tenggara di Langsa

Surabaya, Kabarindo- PT Federal International Finance ikut menjaga kelestarian lingkungan melalui program FIFGROUP Hijaukan Bumi - Aksi Penanaman Mangrove yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Langsa, Aceh, Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 5 Pertanian Kota Langsa, yang telah berlangsung di Kawasan Hutan Mangrove Kuala Langsa.

Kawasan Hutan Mangrove Langsa merupakan hutan mangrove terbesar di Asia Tenggara, dengan luas sekitar 8 ribu hektar. Mangrove semakin mendapat perhatian khalayak di tengah fenomena pemanasan global. Mangrove adalah ekosistem pesisir yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan serta memberikan perlindungan terhadap bencana alam, khususnya dalam meminimalisir gelombang laut di pesisir pantai.

Aksi tersebut melakukan penanaman 500 bibit pohon mangrove jenis rhizophora sp, di hutan mangrove Langsa yang merupakan kelanjutan dari kegiatan tanam 234 bibit pohon mangrove di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, pada Juni lalu, dan 340 bibit pohon mangrove di Benoa, Bali, pada Agustus lalu. Total 1.074 bibit mangrove telah ditanam FIFGROUP. Mangrove jenis Rhizopora sp memiliki peran penting dalam meminimalisir dampak gelombang yang besar di pesisir pantai

Aksi FIFGROUP Hijaukan Bumi memiliki target 34.000 bibit pohon pada tahun ini. Angka tersebut sesuai dengan usia FIFGROUP yang menginjak 34 tahun pada 2023. Hingga Juli 2023, sudah 11.340 pohon yang ditanam oleh FIFGROUP di beberapa titik seluruh Indonesia, di luar angka penanaman mangrove. Jika ditotal dengan mangrove, maka sudah 12.414 bibit pohon yang ditanam FIFGROUP.

Esther Sri Harjati, Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability Director FIFGROUP, mengatakan FIFGROUP berupaya memberikan dampak positif kepada masyarakat dan komunitas melalui 3 aspek strategi sustainability (keberlanjutan), yaitu Portofolio, People dan Public Contribution. Pada poin ketiga yaitu Public Contribution Strategy, FIFGROUP melakukan program berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi masyarakat yang terbagi dalam 4 Pilar CSR FIFGROUP, yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera dan FIFGROUP Lestari.

“Aksi penanaman mangrove sejalan dengan misi perusahaan yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Esther menambahkan, kegiatan tersebut selaras dengan salah satu poin tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 13 yaitu Penanganan dan Perubahan Iklim dan poin 14 yaitu Ekosistem Laut. Dalam hal ini FIFGROUP mengambil peranan, salah satunya dengan gerakan Create Action, Rescue Earth (CARE) sebagai bentuk aksi nyata kepedulian perusahaan terhadap perubahan iklim untuk keseimbangan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Juga sebagai bentuk komitmen FIFGROUP dalam aspek Environment, Social, and Governance (ESG) Goals yaitu Community Relations.