Gli Azzuri “Italia” Gagal Lolos Otomatis Ke Piala Dunia 2022

 Gli Azzuri “Italia” Gagal Lolos Otomatis Ke Piala Dunia 2022

KABARINDO, BELFAST -  Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa antara Irlandia Utara melawan Italia di National Footbal Stadium at Windsor  Park, Belfast, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB akhirnya berkesudahan sama kuat 0-0.

Dengan bermain imbang, timnas Italia, harus puas melewati play-off menuju Piala Dunia 2022. Hal ini membuat mereka terbayang kala juara Eropa ini gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Kegagalan penalti Jorginho melawan Swiss pada laga sebelumnya memastikan Italia menuju laga ini dengan poin yang sama dengan Swiss, hanya unggul selisih gol. Penjaga gawang Irlandia Utara, Bailey Peacock-Farrell, menjadi yang paling sibuk pada laga ini.

Italia tancap gas sejak awal. Percobaan Giovanni Di Lorenzo pada menit kedelapan mampu dihalau sang kiper. Meski tampil dominan, Italia kesulitan menembus lini defensif Irlandia Utara. Sang lawan pun sesekali mengancam gawang Gianluigi Donnarumma.

Peluang bagus Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa pada babak kedua tidak mampu pecahkan kebuntuan. Di sisi lawan, Irlandia Utara jika Donnarumma tidak melakukan penyelamatan luar biasa untuk mengantisipasi peluang George Saville.

Jelang laga usai. Leonardo Bonucci juga harus menghalau bola hasil sepakan Conor Washington di garis gawang untuk menjaga skor tetap 0-0 hingga akhir pertandingan.

Ketika Italia dibuat frustrasi oleh tim arahan Ian Baraclough di Belfast, Swiss sukses mengalahkan Bulgaria 4-0.

Swiss lolos otomatis ke Qatar dan finis sebagai pemuncak klasemen Grup C dengan koleksi 18 poin. Sedangkan Italia harus menjalani laga play-off pada Maret mendatang lantaran hanya menempati urutan kedua dengan 16 angka. Foto : Reuters