Hadiri Rangkaian Peringatan HUT RI ke 78 Tahun, Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Kompak Kenakan Busana Betawi

Hadiri Rangkaian Peringatan HUT RI ke 78 Tahun, Presiden RI Jokowi dan Ibu Negara Iriana Kompak Kenakan Busana Betawi

KABARINDO, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana kompak mengenakan busana Betawi menghadiri rangkaian peringatan HUT ke-78 RI, yakni Istana Berkebaya yang diselenggarakan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu.

Dalam acara itu, Presiden memakai baju koko sadariah berwarna hitam dengan sarung hijau yang terbalut di leher, sementara Ibu Negara memakai kebaya encim berwarna merah dan kain warna senada.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang mengenakan baju koko putih dan Ibu Wury Ma'ruf Amin dengan kebaya encim bernuansa putih dan merah jambu turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara saat berjalan di panggung "catwalk".

Sejumlah dari Kabinet Indonesia Maju hadir dalam acara tersebut, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Adapun acara Istana Berkebaya merupakan pagelaran busana kebaya encim dari Betawi dengan para model yang berjalan di panggung, seperti menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju, istri menteri yang tergabung dalam anggota OASE KIM duta besar negara sahabat, hingga masyarakat.

Peragaan busana kebaya oleh tokoh wanita inspiratif Indonesia dengan tajuk "Istana Berkebaya" ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Peragaan busana kebaya ini diikuti oleh 401 peserta yang akan berjalan "catwalk" 200 meter di area luar depan Istana Merdeka. Foto: Antara