Hari Ini, Jamaah Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah Delisedang, Rayakan Idul Fitri 1445H

Hari Ini, Jamaah Naqsabandiyah  Al-Kholidiyah Jalaliyah Delisedang,  Rayakan Idul Fitri 1445H

KABARINDO, DELISERDANG – Ratusan jemaah tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Kabupaten Delisedang, Sumatera Utara merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024).

Pagi tadi, mereka berbondong-bondong mendatangi Pondok Pesantren Darusshofa, Marindal, Deliserdang untuk Shalat Id.

Jemaah tarekat Naqsabandiyah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada 9 April 2024 dengan menggunakan metode hisab qamariyah. Penetapan Idul Fitri diputuskan melalui Sidang Dewan Majelis Fatwa Naqsabandiyah.

Berdasarkan penentuan tersebut, ratusan jemaah tarekat Naqsabandiyah di Medan dan Deliserdang hari ini sudah melaksanakan Shalat Idul Fitri.

Namun, tahun ini awal Ramadhan dan 1 Syawal 1445 Hijriah yang diputusan Naqsabandiyah di Deliserdang, berbeda dengan Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat.

Salat Id Naqsabandiyah tahun ini sendiri digelar di berbagai titik dan di pusatkan di Kecamatan Bandar Tinggi, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Dewan Mursidin Thariqat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Syekh Muda Markum mengatakan bahwa meskipun ada perbedaan penetapan awal Ramadhan dan Syawal/ 1445 Hijriah, nama hal ini hendaknya tidak menjadi perdebatan.

Sementara pemerintah baru akan memutuskan Lebaran 2024 dalam Sidang Isbat Kementerian Agama, Selasa sore nanti.