Korea Selatan, Jepang dan China Dukung Indonesia Gabung ke EAFF

Korea Selatan, Jepang dan China Dukung Indonesia Gabung ke EAFF

KABARINDO, JAKARTA - Media Vietnam, Soha.vn, panik ketika mendengar kabar Jepang, Korea Selatan dan China mendukung Timnas Indonesia pindah ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF). Apakah ini pertanda Soha tak rela Timnas Indonesia meninggalkan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF)?

“Jepang, China dan Korea mendukung Indonesia keluar dari AFF dan masuk Federasi Sepakbola Asia Timur?,” tulis Soha dalam judul artikel yang mereka buat.

“Rencana PSSI meninggalkan AFF untuk gabung EAFF masih menarik perhatian publik Indonesia. Di sisi lain, PSSI masih harus memikirkan dan belum resmi meninggalkan AFF,” lanjut Soha.

Jepang, China dan Korea Selatan memang bisa saja mendukung kepindahan Timnas Indonesia ke EAFF. Korea Selatan memiliki ikatan kuat dengan Indonesia saat ini.

Sejak Januari 2020, Timnas Indonesia ditangani pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Berkat bantuan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 dan naik 20 peringkat di ranking FIFA hanya dalam kurun sembilan bulan!

Kemudian, sepakbola Indonesia dan Jepang mulai rutin melakukan kerjasama. Terbaru, perihal kepindahan fullback kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, ke klub kasta kedua Liga Jepang, Tokyo Verdy.

Pratama Arhan memang baru bermain satu kali bersama Tokyo Verdy. Namun, pengalaman berlatih bersama Tokyo Verdy menambah pengalaman dan skill pemain eks pemain PSIS Semarang ini.

Terakhir ada China. Saat ini, presiden EAFF adalah Du Zhaocai yang berasal dari China. Du Zhaocai tentu takkan berpikir dua kali untuk menerima Timnas Indonesia.

Sebab, dengan hadirnya Timnas Indonesia bakal menambah gabung turnamen sepakbola di EAFF. Sekadar diketahui, Indonesia dikenal memiliki ratusan juta orang penggila sepakbola!

Sekarang, menarik menanti langkah apa yang diambil PSSI selanjutnya. Foto : PSSI.