Kota Yogyakarta Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Pariwisata Jadi Andalan

Kota Yogyakarta Targetkan Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen, Pariwisata Jadi Andalan

KABARINDO, JOGJA - Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya dapat mencapai angka lima persen pada 2022.

Target itu diungkapkan oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Yogyakarta, Kadri Renggono.

"Harapannya bisa mencapai lima persen. Akan tetapi, ini pasti dibutuhkan usaha yang cukup berat untuk bisa merealisasikannya," kata Kadri Renggono.

"Apalagi pada pertengahan tahun lalu sempat terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi hingga minus akibat gelombang pandemi Covid-19 varian Delta."

Baca Juga: Wisata Pulau Dua, Andalan Terbaru Aceh Selatan

Meskipun butuh kerja keras, target itu dianggap masih dapat terwujud asal kondisi pandemi Covid-19 bisa terkendali di tengah ancaman gelombang baru efek varian Omicron.

Kadri Renggono pun menyebut Yogyakarta tetap akan bertumpu pada sektor pariwisata untuk menggerakkan roda perekonomian didukung sektor lain, termasuk industri kreatif.

"Sektor pariwisata tetap menjadi tumpuan utama. Menariknya, awal tahun ini tidak lagi menjadi low season karena wisatawan tetap mengalir masuk ke Yogyakarta," katanya.

Selain itu, letak geografis Yogyakarta yang cukup strategis menjadikannya destinasi wisata primadona khususnya untuk wisatawan keluarga yang datang menggunakan mobil pribadi.

"Infrastruktur jalan tol, meskipun belum sampai ke Yogyakarta, juga memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Yogyakarta," ujarnya. 

"Jika jalan tol sudah sampai Yogyakarta, maka tentu harus ada persiapan infrastruktur lebih banyak lagi karena volume kendaraan yang masuk pasti lebih banyak."

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara