Kualifikasi Piala Eropa 2024: Portugal Hajar Islandia 2-0

Kualifikasi Piala Eropa 2024: Portugal Hajar Islandia 2-0

KABARINDO, LISBON - Laga antara Tim Nasional (Timnas) Portugal vs Islandia di kualifikasi Piala Eropa 2024 akan dibahas di sini. Pertandingan yang berlangsung di Estadio Jose Alvalade, Lisbon pada Senin (20/11/2023) dini hari WIB berakhir dengan skor 2-0.

Selecao das Quinas -- julukan Portugal -- menang berkat gol-gol Bruno Fernandes (37') dan Ricardo Horta (66'). Dengan demikian, Portugal menutup fase kualifikasi Piala Eropa 2024 dengan raihan sempurna dari 10 laga yang semuanya sukses dimenangkan.

Portugal langsung berupaya untuk mencetak gol pada menit-menit pertama melalui Cristiano Ronaldo. Namun, upaya keduanya pada lima menit pertama tak berbuah manis.

Pada menit ketujuh, upaya dari Otavio menghantam tiang gawang. Islandia selamat dan skor masih 0-0.

Cristiano Ronaldo kembali mengancam pada menit ke-21 dan 32 melalui sundulannya. Namun, kedua tandukan tersebut melenceng dari target.

Pada menit ke-37, gol yang ditunggu akhirnya tiba melalui Bruno Fernandes. Sang gelandang Manchester United mendapatkan ruang di dekat kotak penalti dan menghantam tiang jauh dengan tembakannya.

Skor 1-0 bertahan hingga jeda turun minum. Empat menit setelah babak kedua berjalan, Bruno Fernandes kembali memberi ancaman namun tembakannya melebar.

Cristiano Ronaldo memberi ancaman lagi pada menit ke-52 setelah mendapatkan umpan silang dari Joao Mario. Bola ditanduk olehnya dengan baik namun kiper Islandia mampu menyelamatkannya.

Pada menit ke-63, Ricardo Horta masuk bersama Raphael Guerreiro. Hanya tiga menit berselang, Horta sukses mencetak gol kedua untuk Portugal dalam laga ini yang memanfaatkan bola muntah usai tembakan Joao Felix digagalkan kiper Islandia.

Itu menjadi gol terakhir untuk Portugal dalam laga ini. Tim asuhan Roberto Martinez itu pun mengakhiri kualifikasi dengan catatan sempurna, yaitu 10 kemenangan dari 10 laga.

Susunan Pemain Timnas Portugal vs Islandia

Timnas Portugal (4-1-4-1): Diogo Costa; Joao Mario, Ruben Dias, Goncalo Inacio, Joao Cancelo; Joao Palhinha; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Otavio, Joao Felix; Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Roberto Martinez

Timnas Islandia (4-3-3): Hakon Valdimarsson; Victor Palsson, Sverrir Ingason, Hjortur Hermansson, Gudmundur Thorarinsson; Johann Gudmundsson, Isak Johannesson, Arnor Sigurdson; Jon Dagur Thorsteinsson, Willum Wilumsson, Alfred Finnbogason.

Pelatih: Age Hareide

Foto: Reuters