Marak Penculikan, Tenaga Kesehatan Profesional Haiti Mogok Kerja

Marak Penculikan, Tenaga Kesehatan Profesional Haiti Mogok Kerja

KABARINDO, PORT-AU-PRINCE – Ribuan dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya di seluruh Haiti pada Selasa (15/3) melakukan pemogokan untuk memprotes lonjakan penculikan terkait geng, dan terutama untuk penculikan dua orang dokter baru-baru ini.

Pemogokan tiga hari yang dimulai pada Senin (14/3) memaksa institusi kesehatan publik dan swasta di ibu kota Port-au-Prince dan sekitarnya tutup, dengan hanya ruang gawat darurat yang menerima pasien.

Penculikan di Haiti meningkat 180% pada tahun lalu, dengan 655 di antaranya dilaporkan ke polisi, menurut laporan pertengahan Februari oleh Dewan Keamanan PBB. Pihak berwenang yakin jumlahnya jauh lebih tinggi karena banyak penculikan yang tidak dilaporkan.

“Tidak ada kelompok sosial yang terhindar; di antara para korban adalah buruh, pedagang, pemuka agama, profesor, dokter, jurnalis, pembela hak asasi manusia, dan warga negara asing,” tulis laporan tersebut.

Maraknya penculikan semakin diperburuk dengan pembunuhan terhadap Presiden Jovenel Moïse pada 7 Juli 2021 lalu.

Para staf yang khawatir di Rumah Sakit Umum Port-au-Prince, tempat serikat pekerja berkumpul pada hari Selasa menyalahkan pemerintahan Perdana Menteri Ariel Henry atas kurangnya keamanan di sektor medis akibat kecilnya anggaran bagi Kementerian Kesehatan Haiti.

“Mereka bisa masuk ke sini, menangkap siapa pun dan pergi tanpa khawatir,” kata Guerline Jean-Louis, petugas kebersihan rumah sakit berusia 44 tahun yang bergabung dalam pemogokan. “Inilah sebabnya kami mendukung gerakan ini.”

Pejabat Kementerian Kesehatan Haiti tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar.

Beberapa pasien, termasuk Mario Fleurimon, seorang guru sekolah dasar berusia 39 tahun, tidak mengetahui pemogokan tersebut. Meski frustrasi karena tidak dapat menemui dokter, dia mengatakan bahwa dia mendukung pemogokan tersebut.

“Harus ada jenderal yang bangkit untuk melawan ketidakamanan,” katanya.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Asosiasi Medis Haiti menuntut agar pemerintah mendorong agar para dokter dibebaskan tanpa syarat dan menerapkan langkah-langkah untuk “menghentikan gelombang ketidakamanan yang melucuti kebebasan mendasar kita untuk bebas menjalani hidup kita.”

Salah satu dokter dibebaskan penculik pada hari Selasa, meskipun kondisi pembebasannya tidak segera diketahui.

Perdana menteri telah berjanji untuk menindak lonjakan kekerasan geng dan penculikan, dengan AS dan negara-negara lain menjanjikan sumber daya dan pelatihan untuk membantu pasukan polisi yang kekurangan staf dan kekurangan dana.

Pemogokan oleh para profesional kesehatan dijadwalkan berakhir pada hari Rabu (16/3), sementara pemogokan lain oleh Asosiasi Pemilik dan Pengemudi di Haiti diperkirakan akan dimulai pada hari Kamis (17/3)

Pemogokan berikutnya adalah untuk memprotes pencurian kendaraan di komunitas Martissant, titik nol bagi geng-geng yang bertikai yang telah menculik atau membunuh beberapa warga sipil, banyak dari mereka naik bus umum.

***(Sumber dan foto: Associated Press)