Menhan RI Prabowo Subianto Tekankan 5 Syarat Ketahanan Negara

Menhan RI Prabowo Subianto Tekankan 5 Syarat Ketahanan Negara

KABARINDO, JAKARTA - Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI), Prabowo Subianto mengatakan bahwa negara membutuhkan 5 syarat untuk dapat memiliki ketahanan, khususnya dari sisi pertahanan dan ekonomi.

Menurut Prabowo, kelima syarat tersebut adalah: swasembada pangan; swasembada energi; swasembada air; memperkuat lembaga-lembaga pemerintahan dan Sumber Daya Manusia (SDM); serta angkatan perang yang unggul.

"Kekayaan Indonesia yang sangat besar harus mampu kita kelola, kita harus memastikan kecukupan food (pangan), energy (energi), and water (air) untuk menghadapi ledakan penduduk," kata Prabowo saat menjadi narasumber dalam Rembug Nasional dan Rapat Pengurus Pusat Pleno Ke-1 Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/7/2022).

Dilansir dari keterangan di akun Instagram Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Minggu (3/7/2022), Prabowo menambahkan bahwa saat ini sedang terjadi revolusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, menurutnya, peningkatan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi suatu negara adalah sesuatu yang penting.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menyatakan bahwa Indonesia telah memiliki Universitas Pertahanan yang membuka fakultas baru di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (science, technology, engineering, and mathematics/STEM) seperti Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, dan Fakultas MIPA Militer.

Selanjutnya, dia menekankan bahwa Indonesia juga sudah perlu memulai industrialisasi agar tidak bergantung pada negara lain dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. "Kita harus memulai industrialisasi sehingga tidak bergantung dengan negara lain," ucap Prabowo