Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Taufiq F Al Rabiah Kunjungi Indonesia, Berikut Beberapa Hal Penting yang Disampaikan!

Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi, Taufiq F Al Rabiah Kunjungi Indonesia, Berikut Beberapa Hal Penting yang Disampaikan!

KABARINDO, JAKARTA -  Tawfiq F Al Rabiah, Menteri Haji dan Umroh Kerajaan Arab Saudi berkunjung ke Indonesia, pada Senin (24/10/2022).

Kedatangannya pun disambut langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

"Siang hari ini, kami kedatangan tamu istimewa, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi. Kami memperbincangkan beberapa hal terkait perhajian, mulai dari kuota haji, bagaimana peningkatan pelayanan terhadap jemaah haji perempuan karena jumlahnya lebih banyak, termasuk bagaimana Indonesia diberi kemudahan oleh Pemerintah Arab Saudi dalam mengurus haji dan umrah," terang Menag Yaqut, seperti dilansir dari Hajiumroh.com.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Kementerian Agama, Jakarta, keduanya banyak membahas tentang perkembangan haji dan umrah.

Tawfiq Al Rabiah menyampaikan bahwa Saudi telah menyediakan berbagai kemudahan penyelenggaraan umrah, termasuk bagi jemaah asal Indonesia.


Pertama, kata Tawfiq Al Rabiah, Saudi telah menghapus syarat mahram bagi jemaah perempuan.

Kedua, masa berlaku visa umrah diperpanjang hingga 90 hari.

Ketiga, visa umrah bisa digunakan untuk mengunjungi seluruh wilayah Saudi, tidak hanya untuk ke Makkah dan Madinah saja.

Di samping itu, syarat vaksin meningitis, Tawfiq Al Rabiah tidak lagi jadi persyaratan bagi jemaah umrah.

Tidak ada syarat kesehatan dan tidak ada syarat umur," tegas Tawfiq.

Pemerintah Saudi, lanjut Tawfiq, juga telah menyiapkan platform 'Nusuk'. Dengan aplikasi ini, setiap orang bisa memilih paket yang ada.

"Visa akan keluar tidak lebih dari 24 jam. Kami terus berusaha memberikan kemudahan," papar Menteri Tawfiq.