Meta ajak Masyarakat Indonesia Terhubung dengan Kebaikan di Facebook, Instagram dan WhatsApp Sepanjang Ramadhan

Meta ajak Masyarakat Indonesia Terhubung dengan Kebaikan di Facebook, Instagram dan WhatsApp Sepanjang Ramadhan

Meta ajak Masyarakat Indonesia Terhubung dengan Kebaikan di Facebook, Instagram dan WhatsApp Sepanjang Ramadhan

Surabaya, Kabarindo- Sepanjang Ramadhan tahun ini, Meta menghadirkan #BulanKebaikan, sebuah kampanye online untuk mengajak masyarakat Indonesia bertemu di Meta dan berbagi inspirasi, serta menghadirkan beragam ide kegiatan agar setiap orang dapat terhubung dan menebar kebaikan.

“Kami kembali menghadirkan kampanye #BulanKebaikan untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi orang-orang untuk bertemu dan merayakan Ramadhan. Seiring dengan misi kami membangun teknologi sosial dan mendorong kemajuan masyarakat, kami mengajak mereka untuk berbagi pengalaman dan kehangatan pertemuan di Facebook, Instagram dan WhatsApp, sehingga menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang,” kata Pieter Lydian, Country Director Meta di Indonesia, pada Kamis (30/3/2023).

Dalam kampanye tersebut, Meta juga ingin memberikan ide-ide positif dan inspiratif yang datang dari kreator konten, figur publik dan pelaku usaha, untuk menebar kebaikan kepada sesama. Ramadhan diharapkan dapat menjadi momen istimewa yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia secara luas.

Facebook, Instagram dan WhatsApp selalu menjadi tujuan bagi orang-orang di seluruh dunia untuk saling terhubung di momen-momen spesial seperti liburan, wisuda dan Ramadhan. Selain berbagi momen kehangatan di platform, Meta menghadirkan berbagai program dan ide inspiratif yang dapat dilakukan bersama orang-orang tercinta.

Sepanjang Ramadhan, kita dapat terhubung dengan kreator kuliner favorit yang akan berkreasi menciptakan menu-menu khas. Ada Tanboy Kun, Martin Praja, Willgoz, Arsyan Dwianto dan Machel Wie untuk berbagi sajian praktis dan lezat yang bisa dicoba di rumah untuk berbuka atau sahur. Selain itu, kreator-kreator kuliner tersebut akan berkolaborasi pada inisiatif Tumpah Ruah Berkah untuk masak besar dan membagikan makanan kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Tastemade Indonesia, Masak TV, DEBM dan Cumicumi.com juga akan menyuguhkan resep-resep lezat dengan cara membuat yang unik dan mudah dicoba. Temukan inspirasi resep seperti Kue Cubit Kurma dan Tili Aya (masakan sahur khas Gorontalo) di halaman Facebook dan Instagram mereka.

Kita juga dapat menikmati program-program khas Ramadhan yang akan disuguhkan oleh media-media hiburan terkemuka di Indonesia melalui halaman Facebook mereka seperti sinetron, reality dan variety show serta keseharian figur publik.

Ada pula kampanye Ramadhan yang digagas oleh Komunitas Teens Go Green. Berdiri pada 2007 di Jakarta, komunitas ini merupakan alumni dari program penyelesaian banjir Jakarta yang digagas oleh mantan Gubernur DKI Jakarta saat itu, Fauzi Bowo. Kini Teens Go Green terus memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat.

Pada Ramadhan ini, Teens Go Green menggelar Green Ramadan Challenge, sebuah gerakan untuk mendorong anak muda melalui Facebook dan Instagram untuk menghabiskan makanan sahur dan berbuka, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menggunakan baju Lebaran lama ketimbang membeli baru. Teens Go Green juga menggagas program Berbagi Senyum Ramadhan untuk mengumpulkan donasi bagi petugas kebersihan dan pemulung di kawasan Depok, Jabar.

Peluang usaha

Bagi pelaku bisnis besar maupun kecil, Ramadhan merupakan momen untuk mendapatkan peluang meningkatkan penjualan serta menjangkau pelanggan yang lebih luas. Meta memberikan kemudahan untuk mendapatkan peluang ini dengan meluncurkan Ramadhan Insights. Temuan-temuan dalam studi ini dapat menjadi panduan bagi pelaku bisnis memanfaatkan Facebook, Instagram dan WhatsApp agar pertemuan mereka dengan pelanggan di platform dapat membuahkan hasil dan berdampak pada bisnis mereka.

WhatsApp juga membagikan kiat bagi pelaku usaha untuk mendapatkan peluang bisnis yang lebih baik. Tujuh dari 10 orang di Indonesia mengatakan mereka memilih mengirim pesan ke bisnis dari pada mengirim email (mengacu kepada riset Business Messaging Usage oleh Kantar). Bagi banyak bisnis di Indonesia, hal ini menunjukkan WhatsApp digunakan untuk terhubung dengan pelanggan secara aman, andal dan personal. Meta membagikan strategi yang dapat diadopsi bisnis untuk mendorong penjualan di WhatsApp, menciptakan pengalaman berbelanja yang nyaman di aplikasi WhatsApp Business, menarik pelanggan baru dan langsung mengarahkan ke akun WhatsApp mereka dari Instagram dan Facebook.

Ramadhan menjadi bulan bagi masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, menjadwalkan pertemuan dengan sahabat dan mengadakan acara amal. Banyak dari perencanaan dan pengorganisasian itu terjadi secara langsung di WhatsApp. Meta ingin memberikan ide untuk penggunaan WhatsApp yang efektif ketika kita ingin membuat rencana pertemuan dengan orang-orang tersayang saat Ramadhan, mulai dari merencanakan buka puasa virtual hingga menggunakan avatar dan voice note untuk pesan ucapan yang dipersonalisasi, bahkan tetap aman saat online selama merayakan Lebaran.

“Kami berharap kampanye #BulanKebaikan tahun ini akan mendorong orang-orang untuk semakin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan saat mereka bertemu di Meta dan bersama-sama memberikan dampak bagi keluarga dan komunitas,” ujar Pieter.