Panglima TNI: KKB Harus Bertanggung Jawab atas 3 Prajurit TNI AD yang Gugur Ditembak!

Panglima TNI: KKB Harus Bertanggung Jawab atas 3 Prajurit TNI AD yang Gugur Ditembak!

KABARINDO, JAKARTA –  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa meminta para Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang prajuritnya harus bertanggung jawab. Akibat dari tindakan itu, 3 prajurit TNI AD gugur.

"Para pelaku penembakan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," ucap Andika di Mimika, Papua, Jumat (28/1/2022).

Dia mengatakan, tindakan yang dilakukan oleh para anggota KKB bertentangan dengan peri kemanusiaan. Andika mengaku pihaknya juga telah mempelajari latar belakang gugurnya tiga prajurit TNI AD.

Eks Pangkostrad ini menegaskan bahwa prajuritnya sama sekali tidak melakukan provokasi terhadap KKB. Para korban justru mendapat serangan saat menjalankan tugas rutin.

"Berdasarkan penjelasan dari beberapa individu yang juga berada di Ilaga, termasuk barusan juga dengan seluruh jajaran di Kodam Cenderawasih. Intinya, sebetulnya dari pihak TNI tidak ada sedikit pun usaha-usaha yang memprovokasi, tidak ada," ungkapnya.

Dirinya juga telah melakukan evaluasi tentang apa yang harus dilakukan ke depannya, khususnya yang bertugas di Papua. Andika turut memastikan tidak akan menambah jumlah personel yang bertugas.

"Untuk penambahan pasukan tidak ada, tetap menggunakan mereka yang bertugas di sana untuk melakukan tugas-tugas Kodim dan Koramil," jelasnya.