PD U-17 2023: Timnas Jepang Kandaskkan Timnas Polandia dengan Skor 1-0

PD U-17 2023: Timnas Jepang  Kandaskkan Timnas Polandia dengan Skor 1-0

KABARINDO, BANDUNG - Tim Nasional (Timnas) Jepang U-17 berhasil memetik kemenangan atas Polandia U-17 di laga Grup D Piala Dunia U-17 2023, pada Sabtu (11/11/2023) sore WIB. Bermain di Stadion si Jalak Harupat, Bandung, tim berjuluk Samurai Biru itu menang dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan Jepang U-17 pun dicetak oleh Rento Takaoka di menit 77. Menariknya sebelum gol itu tercipta, pertandingan sempat ditunda selama 15 menit ketika lag barjalan 68 menit karena Stadion si Jalak Harupat diguyur hujan lebat disertai petir.

Tempo permainan langsung berjalan tinggi pada awal babak pertama dengan Polandia U-17 yang menekan Jepang U-17. Kendati demikian, Samurai Biru -julukan Jepang- masih mampu menjaga bola dengan baik.

Polandia U-17 beberapa kali terlihat mengancam lini pertahanan Samurai Biru pada 15 menit pertama. Namun, kesempatan emas justru didapatkan Jepang U-17 pada menit ke-16 melalui serangan balik yang cepat.

Shuto Nagano yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Polandia U-17 setelah mendapatkan umpan terobosan apik pada menit ke-16. Sayangnya, tendangan kaki kirinya masih melebar ke sisi gawang yang dijaga Michal Matys.

Lima menit setelahnya, tepatnya pada menit ke-21, giliran Polandia U-17 yang mendapatkan kesempatan emas melalui Karol Borys. Namun, bola melambung tinggi di atas gawang Jepang U-17.

Jepang U-17 kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol pada menit ke-27 melalui Alen inoue. Akan tetapi, tendangannya melebar ke sisi kanan gawang Polandia U-17.

Pada sisa waktu di babak pertama, Polandia U-17 terlihat lebih banyak memegang bola dan mengancam lini pertahanan Jepang U-17. Namun, hingga babak pertama berakhir, belum ada gol yang tercipta dan skor masih imbang 0-0.

Jepang U-17 terlihat tampil lebih agresif pada awal babak kedua dan beberapa kali mengancam gawang Polandia U-17 yang dijaga Matys. Inoue menjadi momok menakutkan selepas rehat.

Pada pertengahan babak kedua, hujan mulai turun di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Hujan deras yang disertai petir di sekitar stadion membuat wasit memutuskan untuk menghentikan laga sementara pada menit ke-68.

Setelah terhenti 15 menit, para pemain mulai kembali memasuki lapangan dan melanjutkan pertandingan. Jepang langsung memasukkan dua pemain baru saat laga kembali berjalan seusai rehat.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-76 untuk Jepang U-17. Terus menekan seusai laga kembali dilanjutkan, Samurai Biru akhirnya unggul 1-0 melalui gol yang dicetak Rento Takaoka.

Polandia U-17 terus berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan satu gol pada sisa waktu pertandingan. Namun, hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan dan Jepang U-17 pun menang dengan skor 1-0.

Susunan Pemain Jepang U-17 vs Polandia U-17:

Starting XI Jepang U-17 (4-5-1): Wataru Goto; Haruto Matsumoto (Shotaro Shibata 90+2), Keita Kosugi, Kaito Tsuchiya, Kotaro Honda; Yotaro Nakajima, Yumeki Yoshinaga, Gaku Nawata (Rento Takaoka 70'), Homare Tokuda (Yutaka Michiwaki 70'), Shuto Nagano (Joi Yamamoto 46'); Alen Inoue (Ryunosuke Sato 81').

Cadangan: Taisei Kambayashi, Alexandro Pisano, Joi Yamamoto, Ryonosuke Yada, Yutaka Michiwaki, Ryunosuke Sato, Rento Takaoka, Shotaro Shibata, Katsuma Fuse, Gakuto Kawamura.

Pelatih: Yoshiro Moriyama.

Starting XI Polandia U-17 (3-5-2): Michal Matys; Dominik Szala, Jakub Krzyzanowski, Igor Orlikowski; Maksymilian Sznaucner, Karol Borys (Igor Brzyski 63'), Krzysztof Kolanko, Szymon Lyczko (Michal Gurgul 55'), Marcel Regula; Daniel Mikolajewski, Mike Huras (Mateusz Skoczylas 78').

Cadangan: Milosz Piekutowski, Robin Lisewski, Michal Gurgul, Mateusz Skoczylas, Piotr Kowalik, Igor Brzyski.

Pelatih: Marcin Wlodarski.

Foto: Twitter/Japanfootbalassociation