PDAM dan Indomaret Tampil di Final dan Lolos ke Final Four

PDAM dan Indomaret Tampil di Final dan Lolos ke Final Four

KABARINDO, MAGETAN - Tim pendatang baru putra, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melangkah ke babak final Livoli Divisi Utama 2023, meski dikalahkan Berlian Bank Jateng 2-3 (25-20, 25-23, 21-25, 23--25, 14-16) di GOR Ki Mageti, Magetan, Jumat (17/11/2023).

PDAM akan didampingi juara bertahan Indomaret Sidoarjo setelah menang atas DPUPR Rafabinar Semen Grobogan 3-0 (25-23, 25-18, 25-19) pada laga pemuncak Pul A.

Dengan hasil dua laga itu, PDAM dan Indomaret memastikan tampil di babak final four dan juga akan berlaga di partai final putra, Minggu (19/11/2023) mendatang.

PDAM dan Indomaret sama-sama mengantongi dua kemenangan dan satu kekalahan pada Putaran Reguler Kedua yang berlangsung di Magetan ini.

Berlian Bank Jateng juga memiliki jumlah kemenangan dua. Namun, klub asal Semarang itu kalah poin dengan PDAM dan Indomaret. PDAM di peringkat pertama dengan tujuh poin, Indomaret poin enam di posisi runner-up dan Berlian di peringkat ketiga dengan poin lima.

PDAM pada laga terakhirnya di Pul A, sempat tertinggal dua set di awal. Padahal dengan mendapat dua set saja sudah cukup bagi tim asal bekasi ke babak final four. 

Pelatih PDAM, Rohadi Mulyo mengatakan tertinggal 0-2 di awal membuat dirinya agak khawatir. "Tapi saya sampaikan ke anak-anak kalau pertandingan belum berakhir, kita masih punya kesempatan meraih dua set lagi," ujar Rohadi seperti disampaikan ke anak asuhnya.

Dikatakannya, mungkin karena beban harus mendapat dua set saja sudah cukup untuk ke final four, membuat anak-anak salah sendiri. "Saya minta kepada anak-anak tetap semangat," tambah pelatih berkepala plontos itu.

Sedangkan pelatih Berlian Bank Jateng, Wahyu Prabowo menyayangkan anak asuhnya tidak bisa meraih satu set lagi, ketika sudah unggul dua set pertama.

"Mungkin menjadi beban hanya tinggal mencari satu set saja. Malah set ketiga itu kita sudah sempat unggul," kata Wahyu usai laga dengan nada kecewa.

Sedangkan pelatih Indomaret, Iwan Dedi Setiawan merasa kurang puas dengan penampilan anak asuhnya saat melawan DPUPR Rafabinar Semen Grobogan. "Banyak salah sendiri dari receave, terutama set ket ketiga," tambah Iwan.

                                               *Hasil Putri*
Sementara itu, di sektor putri Pul DD, dalam laga yang sudah tidak berpengaruh lagi, pemuncak klasemen, Popsivo Polwan dipaksa bermain lima set perikat terbawah, Bharata Muda Jakarta dengan skor 3-2 (18-25, 25-23, 21-25, 29-27, 15-7) untuk Popsivo.

Padahal kedua tim itu sama-sama akan tampil dalam laga terakhir di sektor putri, Sabtu (18/11/2023). Popsivo akan menantang Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia untuk memperebutkan juara Pul DD, jam 19.00 WIB

Sedangkan Bharata Muda akan bertarung dengan juara bertahan, Bank Jatim guna memperebutkan peringkat ketiga, jam 16.00 WIB. Tim yang kalah pada laga ini akan terkena degradasi divisi satu.

Pelatih Popsivo, Reidel Alfonzo Gonzales Toiran mengungkapkan laga melawan Bharata dijadikan untuk mencoba semua pemain. "Biar semua pemain dicoba untuk main," kata Toiran usai laga.

Sedangkan pelatih Bharata Muda, Eko Waluyo mengaku beruntung bisa bermain lima set dengan Popsivo. "Ya, sekalian sebagai ajang untuk latihan menghadapi Bank Jatim," katanya.

Akan tetapi, lanjutnya, seharusnya anak asuhnya bisa menang seandainya timnya bisa lebih tenang menjelang akhir set keempat. "Maunya cepat menang. Yah, ini soal jam terbang," tukasnya.

Jadwal Sabtu (18/11/2023):
Putri: 
16.00 WIB: Bank Jatim - Bharata (3-4)
19.00 WIB: Popsivo - Petrokimia (1-2).