Pentingnya Peran Ibu Buat Sang Buah Hati

Pentingnya Peran Ibu Buat Sang Buah Hati

Ungkapan hati dari seorang ibu
Dr. Hj. ENDANG SURATMININGSIH, S.H.,SPN.

 

KABARINDO, JAKARTA - Sebuah perencanaan yang matang untuk masa depan anak adalah suatu hal penting dalam menseting masa depannya.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan  keberhasilan anak dalam jangka panjang, saya mencoba menyajikan untuk putra saya Fauzan Rainunggar Aditya Dharmawasenda, dalam 3 jangka waktu.

Jangka pendek :
ketika usia 6 Th s/d 12 Th, R Dharmawasenda masuk Sekolah Dasar  membutuhkan Waktu 6 tahun dan saya sekolahkan di SD perguruan Islam Al Fajar tidak jauh dari komplek tempat tinggal.

Tentunya dengan umur masa pertumbuhan saya berkewajiban untuk menanamkan kedisiplinan, sopan santun adap dalam pergaulan, dan adap menghormati kedua orangtua serta menyayangi adik kembarnya Fauziah Azalia Ranadhita Wasendaputri dan Fauziah Azaria Ranamaya Wasendaputri

Dengan memberikan substansi  tentang bagaimana meraih cita cita untuk masa depannya karena R.Dharmawasenda adalah putra sulung dan laki laki satu satunya, tentunya diharapkan untuk bisa menjadi pioner dalam mengayomi adiknya.

Jangka menengah:
6 tahun telah dilalui dengan penuh semangat dan dinyatakan lulus SD, dimana  R.Dharmawasenda berkeinginan keras untuk masuk pondok pesantren, waktu itu Pondok pesantren yang saya pilih adalah ponpes Darunnajah di Ulujami, Jakarta selatan.

Adapun Sebagai pertimbangan yang sangat mendasari adalah Ponpes Darunajah  telah berusia lebih dari setengah abat, sehingga dari segi pengalaman pondok lebih membuat saya tenang, disamping itu jarak tempuh dari rumah 1,5 jam melalui jalur tol TB  Simatupang.

Pada waktunya R.Dharmawasenda diterima menjadi siswa ponpes Darunnajah dengan penuh ceria dan semangat, Singkat kata pada saat 
R.Dharmawasenda kelas 2 Madrasah/SMP menyampaikan ke saya, bahwa Mas... akan lanjut sampai klas 6 tingkat Aliyah/SMA. Saya sebagai orang tua tetap mendukung penuh apa yang menjadi rencana anak saya.

Bahkan sewaktu ditingkat Aliyah R.Dharmawasenda terlihat menikmati suasana pondok, karena selalu mengikuti organisasi OSIS maupun keagamaan dan kepramukaan. Hari harinya dilalui dengan kegiatan yang positif.

Bertepatan klas 2 tingkat aliah/SMA, kembali R.Dharmawasenda menyampaikan perencanaan untuk kuliah di luarnegeri, pemikiran tersebut termotivasi dari kakak kelasnya yang telah  mendahului  keluar negeri, lalu dari rencana tersebut saya mengajak R.Dharmawasenda untuk berangkat menjalankan ibadah umroh untuk mendapatkan informasi  lanjut S1 diluar negeri, khusnya di universitas islam Madinah.

Dan kebetulan saya di Madinah disambut oleh alumni Darunnajah yang sudah lebih dahulu melanjutkan SI di Univ. Madinah yaitu Ustad Yusuf dan ustad Abadi, untuk saat ini beliau telah menyandang gelar Ustad Yusuf, LC, MA Dan Ustad Abadi LC, keduanya  alumni Univ. Madinah.

Sepulang dari umroh, semangat R.Dharmawasenda tak pernah padam apalagi waktu itu  didampingi oleh ustad Andes yang selalu memotivasi secara totalitas selama 6 tahun di pondok.

Jangka Panjang:
Tiba saatnya R.Dharmawasenda menyandang gelar alumni pondok Darunnajah, yang akan mengejar pendidikan S1 di negeri Yaman selama 6 tahun ( 1 tahun kelas bahasa dan 5 tahun paket 10 semester menempuh S1 )

Untuk bisa masuk di Univ.Al-Ahgaff tentunya menemui jalan yang panjang dan penuh perjuangan yang mendapat   motivasi dari :
1. Habib Ali Zaenal A. Al-Kaff, LC  pemilik  ponpes & Pantin asuhan Riyathul Jannah Assalafiyyah, Condet Jakarta Timur  

2. Habib Dr. Hasan Husen Aljufri, M.Pd. pemilik Markaz Tarqiyatil Lughoh, di Kota Kuningan, Jawa Barat.

3. Mendapat rekomendasi bentuk tertulis dari ulama besar, waktu tahun 2018 mendapat rekomendasi langsung dari KH. Ma'ruf Amin.

Waktu 6 tahun  bukanlah waktu yang pendek untuk dijalani, namun tidak terasa 10 semester berakhir dan diwisuda/Haflah Takhorruj, hal itu merupakan momen yang dinanti tepatnya pada tgl 30 Mei 2024,  FAUZAN RAINUNGGAR ADITYA DHARMAWASENDA mendaptkan gelar BSc ( Bachelor of Scince) dan  termasuk 27 Putra Daerah Betawi dan Pasundan lulus di Universitas ternama di Yaman, dimana selama pendidikan perkuliahan berlangsung mendapat dukungan dari Rektor dan para dosen Univ Al-Ahgaff yang profesional, sehingga terinspirasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Bulan Mei Tahun 2024, adalah bulan keabadian oleh karena bertepatan tanggal 31 Mei R.Dharmawasenda resmi diterima pendidikan jenjang S2 di Universitas Islam Internasional Indonesia,  program MA sepesialisasi kajian  islam pada klasik di fakultas ilmu islam, yang mendapat dukungan dari  Univ. Al-Ahgaff :
1. Prof. Alhabib Abdullah bin Muhammad Baharun, Rektor Univ. Al-Ahgaff.

2. Dr. Seggaf Ali Alaydrus, Ketua Programn Studi Hadist Univ Al-Ahgaff

Dan para guru besar serta Doktor dari Indonesia :
1. Prof.Dr.Habib Muhammad Baharun,S.H.,MA, Guru besar Sosiologi

2. Prof. Dr. Hj. Siti Nurazizah Ma'ruf Amin, S.H., M.Hum., Guru besar Univ. 17 Agustus 1945 (UNTAG) Jakarta

3. Dr. H.Zaenal Arif, MA, Associate Profesor Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dengan diterimanya di Univ. Islam Internasional Indonesia, Cimanggis, Depok. R.Dharmawasenda menyampaikan kata terindah :


"Assalammu'alaikum
Selamat pagi bundaku sayang...dengan penuh rasa syukur kepada Allah mas/R.Dharmawasenda memberikan hadiah milad bunda yang ke 56 tahun sebagai prasasti masa depan mas, semoga bunda bahagia.


Peluk cium mas dari Yaman. Sampai ketemu di Jakarta.
Wassalam.

Sebagai seorang ibu sekuat, sehebat apapun....dengan perkataan anaknya pasti akan terharu dan saya tahu persis sifat karakter anak saya.

Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi bagi pasangan muda yang akan membuat perencanaan untuk buah hatinya.